Image

Sesuai dengan Geografis, KLX & D-Tracker Jadi Primadona di Jatim

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017, 07:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 27 15 1629469 sesuai-dengan-geografis-klx-d-tracker-jadi-primadona-di-jatim-ZcR7MGgDkK.jpg Kawasaki KLX series dan D Tracker sumbang penjualan terbanyak di Jatim (Foto: Anton/Okezone)

SURABAYA - Jawa Timur merupakan penyumbang penjualan yang signifikan bagi Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Dari 32 diler yang ada, Jatim menyumbang 11 persen dari total penjualan motor Kawasaki di Indonesia.

"Jawa Timur itu 11 persen, agak bersaing dengan Jawa Barat. Kurang lebih sama, di posisi 2 atau 3, saling bergantian. Posisi pertamanya masih Jakarta," kata Michael Chandra Tanadhi, deputy of head sales and promotions department KMI.

Ditambahkannya, secara volume, penjualan Kawasaki di Jatim mencapai 10 ribu unit pada 2016. Jumlah itu diyakininya akan terus naik seiring munculnya produk-produk baru yang lebih sesuai dengan karakter konsumen.

Sementara itu, Christian Hadi, sales manager PT Surapita Unitrans -main dealer sepeda motor Kawasaki di Jatim, NTT, dan Ambon- mengatakan, KLX series dan D-Tracker merupakan penyumbang terbesar penjualan dibandingkan model lain, yakni mencapai 40-60 persen.

Menurut dia, dua motor tersebut sesuai dengan karakter geografis di sebagian daerah Jatim dan NTT. Sementara untuk kota-kota besar di Jatim, karakter konsumennya lebih memilih motor sport seperti Ninja.

"Kalau di Jatim itu KLX series dan D-Tracker laku di daerah pinggiran yang sesuai dengan kondisi geografisnya. Di NTT juga laku keras, bisa 40 unit per bulan. Tapi kalau Ambon kondisinya sama dengan kota besar di Jatim," jelas Christian.

Sementara itu, untuk produk terbaru Versys-X 250 pihaknya masih menerima inden. Hingga akhir pekan lalu, pemesanan melaui showroom Surapita Unitrans di Jalan Jemur Sari saja sudah mencapai 10 unit, meski motor adventure itu belum genap sebulan diluncurkan di Jatim.

“Karena kan barangnya baru available (di Jatim) Maret. Tapi itu saja responsnya sudah bagus, sudah 10 yang inden lewat showroom ini saja, belum termasuk diler yang lainnya. Kami optimis karena motor ini kan baru diluncurkan awal Februari di Jatim," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini