nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Coblos Berulang Kali, Ketua KPPS Diserahkan ke Kejari Kampar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 02 Maret 2017 02:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 01 340 1631802 coblos-berulang-kali-ketua-kpps-diserahkan-ke-kejari-kampar-rNQO30T3wf.jpg Ilustrasi (Okezone)

KAMPAR – Pihak Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kampar, Riau, tetap memproses kasus kecurangan dalam Pilkada yang dilakukan Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), Indra Sabri. Pria yang berstatus PNS diserahkan ke jaksa.

Indra pun dibawa tim Gakkumdu, Panwas Kabupaten Kampar, Rabu (1/3/2017). Selanjutnya, ia digiring petugas ke Kejaksaan Negeri Kampar di Bangkinang.

Petugas Gakkumdu yang terdiri dari polisi dan panwas juga menyerahkan barang bukti berupa empat kertas surat suara dan alat pencoblos.

"Kasus Ketua KPPS 03 sudah tahap II. Untuk selanjutnya kasusnya akan diambil alih oleh JPU (jaksa penuntut umum)," ucap Paur Humas Polres Kampar Iptu Deni Yusra.

Ketua KPPS Indra terancam Pasal 178B atau 178A UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada dengan ancaman hukuman kurungan selama 36 bulan dan maksimal 108 bulan.

"Dalam waktu dekat kasusnya segera disidangkan. Kita sudah beberapa kali peringatkan agar tidak melakukan pelanggaran, namun tetap masih terjadi. Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat luas untuk patuh terhadap aturan dan perundang-undangan," tambah Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi.

Sebelumnya diberitakan, Indra Sabri ditangkap pihak Panwas saat mencoblos sebanyak tiga kali di TPS 03 Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang, Kampar. Alasan Indra mencoblos berulang ulang kertas suara untuk mewakili istri dan anaknya yang umrah.

Akibat perbuatan pria berusia 55 tahun ini, pencoblosan di TPS 03 terpaksa dihentikan dan terpaksa di gelar PSU (Pemungutan Suara Ulang).

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini