Cegah Bentrok Susulan, 1 Pleton Brimob Digeser ke Intan Jaya

Edy Siswanto, Okezone · Kamis 02 Maret 2017 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 340 1632823 cegah-bentrok-susulan-1-pleton-brimob-digeser-ke-intan-jaya-YhoDsU4joU.jpg

JAYAPURA – Guna mengantisipasi bentrok susulan di Intan Jaya Papua, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengaku telah menggeser 1 pleton Brimob dari Nduga ke Intan Jaya Papua.

"Tambahan 100 orang pasukan Brimob sudah naik dari Dogiyai kita geser ke Intan Jaya. Sudah ada 400an pasukan gabungan disana, namun karena kita antisipasi bentrok susulan pasukan kita tambah," kata Paulusdi Mapolda Papua, Kamis (2/3/2017).

Paulus mengaku kecolongan atas bentrok Pilkada di Intan Jaya. Alhasil, 4 orang tewas orangdan puluhan luka-luka serta belasan rumah warga dibakar massa.

"Kita kecolongan, karena selama ini fokus kita adalah Tolikara, hingga kami tempatkan kekuatan cukup besar disana, namun ternyata Intan Jaya yang pecah," ujarnya.

Kapolda Papua juga meminta para kepala suku wilayah tersebut menahan diri, agar bentrok tidak kembali terjadi.

"Kami minta untuk kepala suku menahan diri, dan saya sudah sampaikan ke Kapolres Nabire untuk memberikan pemahaman kepada para Kepala suku ini, agar tidak masuk ke urusan Pilkada, agar tidak meluas," paparnya.

"Termasuk yang di Timika, karena korban kita evakuasi ke sana," sambungnya.

Sebelumnya, terjadi bentrok sebagai buntut dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Jumat pagi, 24 Februari 2017.  Bentrok antara massa pendukung pasangan calon nomor 2 Yulius Tipagau-Yunus Kalabetme dengan massa pendukung petahana nomor urut 3 Natalis Tabuni-Yan Kobogoyauw pecah. Sebelumnya 3 orang tewas dalam bentrok tersebut, belasan rumah rusak, dan puluhan warga menderita luka-luka. Pihak keamanan saat ini mewaspadai pleno yang akan dilakukan oleh pihak KPU, pasalnya,pasalnyakedua meski secara umum kondisi sudah kondusif, namun kedua kubu hingga saat ini masih saling jaga. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini