25 Imigran Gelap di Asrama Haji Yogyakarta Jalani Tes Urine

Prabowo, Okezone · Kamis 02 Maret 2017 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 510 1632691 25-imigran-gelap-di-asrama-haji-yogyakarta-jalani-tes-urine-j3LaWVBWr6.jpg Foto: Ilustrasi

YOGYAKARTA - Petugas melakukan tes urine terhadap 25 orang imigran gelap asal Irak, Afganistan, dan Myanmar. Tes urine dilakukan di tempat mereka menginap sementara, yakni Asrama Haji Yogyakarta.

Kepala Sub Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kemenkumham DIY Ignasius Harto Suwondo mengatakan, mereka terdampar di perairan Indonesia. Sementara negara yang dituju adalah Australia.

"Mereka sudah menjalani proses administrasi dan mendapat predikat sebagai pengungsi dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR)," katanya pada wartawan, Kamis (2/3/2017).

UNHCR berada di bawah organisasi dunia, yakni Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi. Keberadaan mereka di Asrama Haji Yogyakarta untuk menunggu proses menuju negara tujuan.

Mereka belum memiliki status kewarganegaraan. Mereka tidak bisa kembali ke negara asalnya karena alasan politik dan lainnya. "Sebelum menuju negara tujuan, mereka harus bebas narkoba. Jika ada yang kedapatan mengkonsumsi narkoba, kita proses hukum di sini," tandasnya.

Keputusan kapan akan diberangkatkan ke negara tujuan, katanya, masih menunggu proses administrasi Direktorat Jenderal Imigrasi. Sementara Asrama Haji Yogyakarta sebagai tempat penampungan, hanya berlaku hingga Mei sesuai kontrak.

"Sebelum bulan Mei mereka akan diberangkatkan ke negara ketiga," katanya.

Kepala Seksi Intelejen Bidang Pemberantasan BNNP DIY Suyatno mengatalan, hasil pemeriksaan tes urine negatif. Ada satu yang dicurigai mengunakan zat adiktif, tapi hasilnya tetap negatif. "Hasil semuanya negatif. Ada satu yang dites ulang, karena kita curigai mengunakan zat adiktif, tapi hasilnya negatif," paparnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini