Selewengkan Dana Hibah, 5 Komisioner KPUD Pakpak Barat Dijebloskan ke Penjara

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Jum'at 03 Maret 2017 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 340 1633108 selewengkan-dana-hibah-5-komisioner-kpud-pakpak-barat-dijeb-8206-loskan-ke-penjara-wncOiLcPfJ.jpg Foto: Ilustrasi

MEDAN – Sebanyak lima orang komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara ditahan penyidik Kejaksaan Negeri Dairi, Sumatera Utara.

Mereka adalah Sahitar Berutu (ketua), Ren Haney (‎anggota), Lorawati Manik (anggota), Daulat M Solin (anggota), Tunggul Monang Bancing (anggota) dan Sahrun Kudadiri (anggota).

Mereka dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Sidikalang karena diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi dana hibah APBD Pakpak Barat Tahun 2014, untuk sosialisasi pemilihan DPD, DPR, DPRD dan pemilihan presiden senilai Rp691 juta.

Dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas sosialisasi yang dilakukan, ditemukan kerugian negara senilai Rp471 juta. Kerugian negara itu pun dinikmati kelima komisioner yang kemudian mengembalikan uang senilai Rp225 juta ke kas daerah Kabupaten Pakpak Barat. 

"Mereka ditahan untuk 20 hari ke depan," ujar Wijaya, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Dairi, ‎Jumat (3/3/2017).

Selain kelima komisioner tersebut, dua pejabat di KPUD Dairi juga terlibat dalam kasus ini. Mereka bahkan telah divonis 4 tahun penjara. Kedua pejabat itu yakni Hasanuddin Lingga dan Ahgia Siketang. Hasanuddin merupakan sekretaris KPUD Dairi yang berperan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), sedangkan Ahgia, berperan sebagai Bendahara Pembantu.

Ditahannya kelima komisioner KPUD Dairi ini sendiri berawal dilaporkannya Hasanuddin Lingga ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Hasanuddin yang telah divonis empat tahun itu mengaku terlibat dalam penggunaan dana hibah setelah dipaksa oleh para komisioner untuk mencairkan dana tersebut. Dana itu kemudian digunakan untuk kepentingan pribadi para komisioner. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini