Image

Waduh, Markas AS di Jepang Sudah Jadi Bidikan Rudal Korut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa, 7 Maret 2017 - 10:01 WIB
Rudal balistik Korut yang diluncurkan unit artileri Hwasong dalam latihan. (Foto: Reuters) Rudal balistik Korut yang diluncurkan unit artileri Hwasong dalam latihan. (Foto: Reuters)

PYONGYANG- Rezim Korea Utara (Korut) mengatakan, rudal yang ditembakkan ke Laut Jepang adalah bagian dari latihan untuk menyerang markas militer Amerika Serikat (AS) yang berada di wilayah tersebut. Peluncuran empat rudal balistik yang dilakukan Pyongyang pada Senin, 6 Maret itu mengundang reaksi keras dari berbagai negara.

“Juga terlibat dalam latihan itu adalah unit artileri Hwasong dari Pasukan Strategis Korut yang ditugaskan menyerang markas pasukan agresor imperialis AS di Jepang,” demikian laporan KCNA yang dilansir Russia Today, Selasa (7/3/2017).

Lebih lanjut, rezim Korut menyebutkan, unit yang terlibat dalam latihan memiliki keinginan kuat untuk segera melakukan pembalasan atas tindakan AS dan Korea Selatan (Korsel) yang kembali melakukan latihan perang gabungan.

Manuver militer Korut itu dilakukan sehari setelah AS dan Korsel menggelar latihan militer gabungannya yang rutin dilakukan setiap tahun. Tiga dari empat rudal yang ditembakkan kemarin jatuh dekat Laut Jepang.

Menyusul aksi Pyongyang itu, AS segera menyatakan dukungan penuh terhadap Jepang terkait isu ini. Sebelumnya AS juga telah mengirimkan sistem pertahanan rudal THAAD kepada Korea Selatan (Korsel) untuk mempertahankan diri dari serangan tetangganya, Korut.

Tidak hanya Jepang dan AS yang berang dengan peluncuran rudal balistik Korut tersebut. Rusia yang selama ini dekat dengan rezim Kim Jong-un juga menyampaikan keprihatinannya atas tindakan Pyongyang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming