Otoritas Malaysia Akui Puing Pesawat Milik MH370

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 08 Maret 2017 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 08 18 1637725 otoritas-malaysia-akui-puing-pesawat-milik-mh370-YDiq45iCTh.jpg Seorang pria menuliskan ucapan bela sungkawa pada momen peringatan tiga tahun hilangnya Malaysia Airlines MH370 di Kuala Lumpur. (Foto: AP)

KUALA LUMPUR - Tiga negara terlibat dalam operasi pencarian besar-besaran untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014. Setelah hampir tiga tahun, sejumlah puing ditemukan, namun tidak menjadi bukti kuat lokasi hilangnya pesawat yang mengangkut 239 kru dan penumpang tersebut.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengonfirmasi bahwa tiga dari 27 puing yang ditemukan sejauh ini merupakan bagian dari Malaysia Airlines MH370. Dua puing ditemukan di Afrika Selatan, sedangkan satu puing lainnya ditemukan di Pulau Reunion.

"Kami memperlihatkan puing-puing itu kepada keluarga korban," ujar Liow, seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Rabu (8/3/2017).

Meski operasi pencarian di laut dihentikan sementara pada 17 Januari, penyelidikan tentang lokasi hilangnya Malaysia Airlines MH370 masih tetap dilakukan. Para ahli penerbangan pun masih menganalisa semua data yang mereka miliki.

"Para ahli membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari gambar-gambar satelit dan pola penyebaran puing. Kita harus menunggu tim ahli untuk memberi lebih bantak data. Untuk sementara, operasi pencarian dihentikan," imbuh Liow.

Ia juga menyatakan, Pemerintah Afrika Selatan dan Australia telah mendaftar untuk membantu proses identifikasi puing-puing tersebut. Menurutnya, Pemerintah Malaysia tengah mempersiapkan nota kesepakatan (MoU) dengan berbagai negara yang bersedia membantu mencari puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH370.

"Begitu dokumen ditandatangani, berbagai negara akan membantu Malaysia menemukan puing-puing MH370. Akan ada prosedur operasi standar tersendiri dalam proses pencarian ini. Jika lebih banyak puing ditemukan, maka kita akan mengirimkan tim untuk menentukan lokasi dan menyisir area ditemukannya puing tersebut," papar Liow.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini