nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari 264 Kampus Swasta di Sumut, Baru 20 Terakreditasi

Wahyudi, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 10 65 1639544 dari-264-kampus-swasta-di-sumut-baru-20-terakreditasi-NQIzoNeSIM.jpg Foto: Shutterstock

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, menyayangkan minimnya keberadaan perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Utara yang telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Menurut Erry, saat ini terdapat sekira 264 PTS yang ada di seluruh Sumatera Utara. Namun dari jumlah itu, baru sekira 20 perguruan tinggi yang sudah mendapatkan akreditasi.

“Dengan jumlah 264 PTS, kita menjadi daerah dengan jumlah PTS terbanyak kempat di seluruh Indonesia. Tapi sayangnya, baru 20 diantaranya yang memiliki akreditasi,” sebut Erry.

Erry mengatakan, minimnya jumlah PTS yang sudah mendapatkan akreditasi ini, harus menjadi perhatian bersama seluruh stakeholder pendidikan tinggi di Sumut. Sehingga ke depannya 8.688 dosen dan 350.000 mahasiswa PTS yang ada di Sumut dapat menjadi manusia yang berdaya saing, khususnya untuk menghadapi persaingan global yang tak lagi terelakkan.

“Jumlah mahasiswa yang besar tentunya merupakan potensi untuk membawa Provinsi Sumut menuju provinsi yang memiliki daya saing untuk membangun masyarakat yang sejahtera lewat manusia-manusia yang kreatif dan inovatif. Tapi kalau kita lalai menyiapkan sumber daya manusia seperti itu, kita hanya akan menjadi penonton diantara persaingan bangsa-bangsa itu,” tegasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini