nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikuti Langkah Ini, Melamar Kerja Pasti Lancar

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Sabtu 11 Maret 2017 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 11 65 1640340 ikuti-langkah-ini-melamar-kerja-pasti-lancar-BjlsVZm9hV.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Setiap hari HRD suatu perusahaan akan menerima ratusan lamaran kerja untuk berbagai posisi. Sebagai fresh graduate yang punya banyak saingan, kamu tentu harus membuat lamaran kerjamu dilirik oleh perusaan yang ingin dituju.

CV yang menarik tentu harus didukung dengan kualifikasi yang mumpuni. Dilansir Top Universities, Sabtu (11/3/2017), berikut ini tahapan melamar kerja dari mulai membuat CV sampai memasukkan aplikasi.

Memulai lamaran kerja

Pertama, lihat secara teliti spesifikasi pekerjaan yang ingin dilamar. Selain berminat, kamu harus mencocokkan apakah posisi tersebut didukung dengan kemampuanmu atau tidak.

Menulis aplikasi lamaran kerja

CV dan resume menjadi senjata utama. Untuk itu, buat keduanya semenarik mungkin, misalnya menggunakan template yang sesuai. Kemudian, cantumkan skill, pengalaman, serta capaian yang telah diraih. Pastikan kamu membuat CV tersebut tidak terlalu panjang.

Buat sentuhan akhir dalam lamaran kerja

Jangan hanya membuat CV atau resume yang biasa-biasa saja. Jika kamu punya hobi yang relevan dengan posisi yang dilamar, coba tambahkan di akhir penulisan. Kemudian, beri contoh seberapa berguna hobi tersebut dalam kariermu nanti.

Sebelum memasukkan lamaran kerja

Sebelum mengunggah lamaran kerja atau mengirimkannya melalui e-mail, cek lagi ejaan dan tata bahasa. Terlebih, jika lamaran kerja menggunakan bahasa Inggris, kamu harus pastikan bahwa grammar-nya sudah tepat semua.

Setelah memasukkan lamaran kerja

Jika tak kunjung ada kabar, kamu bisa coba mem-follow up dengan cara mengirim e-mail atau menelefon perusahaan tersebut. Meskipun akhirnya mereka belum memilihmu, setidaknya dengan cara ini kamu sudah menunjukkan antusiasme terhadap posisi yang mereka tawarkan. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini