Image

Capres Prancis Jean-Luc Melenchon Klaim Didukung 500 Pejabat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu, 12 Maret 2017 - 07:21 WIB
Calon Presiden Prancis Jean-Luc Melenchon (Foto: Emmanuel Foudrot/Reuters) Calon Presiden Prancis Jean-Luc Melenchon (Foto: Emmanuel Foudrot/Reuters)

PARIS – Calon Presiden (Capres) Prancis Jean-Luc Melenchon mengklaim telah mengamankan dukungan dari 500 orang pejabat terpilih. Dukungan dari pejabat terpilih di seantero Prancis adalah salah satu syarat untuk maju ke pemilihan presiden (Pilpres) Prancis 2017.

“Kita mendapat dukungan 500 sponsor!” kicau Melenchon di akun Twitter, yang dikutip oleh Reuters, Minggu (12/3/2017). Ia sempat memukau para pendukungnya dengan mendeklarasikan diri sebagai capres lewat atraksi hologram.

Anggota Parlemen Eropa itu mendapatkan dukungan dari Partai Komunis Prancis untuk bertarung dengan sedikitnya empat kandidat lain. Pria berusia 65 tahun itu juga sudah berhasil meraih tanda tangan dukungan dari 432 orang legislator dan wali kota di seluruh Prancis.

Jean-Luc Melenchon akan bertarung dengan mantan Menteri Keuangan, Emmanuel Macron; kandidat dari Partai Front Nasional, Marine Le Pen; kandidat dari Partai Republik, Francois Fillon; dan kandidat dari Partai Sosialis, Benoit Hamon. Lima orang tersebut harus segera mendapatkan dukungan yang diperlukan jelang batas akhir pencalonan yakni 17 Maret 2017.

Pilpres Prancis 2017 akan berlangsung dalam dua putaran, yakni pada 23 April dan 7 Mei mendatang. Melenchon sendiri diprediksi tereliminasi di putaran pertama. Ia hanya akan finis di urutan kelima dengan proyeksi perolehan suara sebesar 11,5%.

Dua orang kandidat yang diprediksi bertarung head to head di putaran kedua adalah Marine Le Pen dan Emmanuel Macron. Keduanya diprediksi meraih 26% suara dalam putaran suara. Namun, Emmanuel Macron dijagokan memenangkan putaran kedua dan ditahbiskan sebagai Presiden Prancis menggantikan Francois Hollande.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming