7 Terpidana Mati Dipindahkan ke Nusakambangan, Mau Dieksekusi?

Mustholih, Okezone · Senin 13 Maret 2017 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 13 512 1641286 7-terpidana-mati-dipindahkan-ke-nusakambangan-mau-dieksekusi-juCiawrZHw.jpg

SEMARANG - Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, menerima tujuh narapidana pindahan dari Lapas Salemba dan Lapas Cipinang, Jakarta. Mereka resmi menjadi penghuni baru Lapas Nusakambangan sejak 10 Maret 2017.


Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Bambang Sumardiyono, menyatakan ketujuh napi itu dipindah ke Nusakambangan karena narapidana di Lapas Salemba dan Lapas Cipinang sudah berjubel.

"Kapasitas ruang tahanannya sudah penuh. Jadi mereka dipindahkan ke Nusakambangan. Ini juga termasuk prosedur penahanan bagi narapidana yang telah divonis mati oleh pengadilan," kata Bambang saat dihubungi wartawan, Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/3/2017).

Ke tujuh narapidana yang dipindah tersebut merupakan narapidana dengan hukuman mati. Mereka, antara lain, Frank Amado (USA), Lai Shiu Cheung Anika dan Lo Tin Yau (Hongkong), Xiao Jinzeng dan Chen Weibiao (China) , Frank Chidiebere Nwaomeka (Nigeria), serta E Wee Hock (Melaka).

Bambang menegaskan mereka dipindah bukan karena bakal segera dieksekusi mati. "Belum mengarah pada eksekusi. Karena tidak ada rapat koordinasi lintas sektoral yang digelar oleh kami. Saat ini, masih sebatas pemindahan seperti biasanya," tegas Bambang. (sym)

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini