Jago Nulis? Yuk, Ikut Lomba Jurnalistik Ini!

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 14 Maret 2017 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 14 65 1642251 jago-nulis-yuk-ikut-lomba-jurnalistik-ini-hUstmWNgyj.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Menulis menjadi salah satu hobi yang bisa dikembangkan menjadi sebuah prestasi. Oleh sebab itu, kamu harus rajin-rajin mempublikasikan tulisan ke berbagai media supaya bisa menjadi portofolio untuk mencari kerja nanti.

Nah, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pendidikan Keluarga, sedang mengadakan lomba jurnalistik, lho. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah 'Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak'.

”Lomba Jurnalistik ini dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam memberikan gagasan inspiratif tentang penguatan pendidikan keluarga,” kata Staf Khusus Mendikbud, Nasrullah dalam siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (14/3/2017).

Lomba jurnalistik ini dibuka untuk umum. Ada tiga kategori tulisan, yakni feature, opini, dan berita. Sedangkan total hadiah yang disediakan mencapai Rp226 juta.

Untuk mengikuti lomba ini, para peserta harus mengikuti beberapa ketentuan umum. Di antaranya tulisan asli (bukan plagiat), aktual, bernilai, inovatif, dan bermanfaat. Kemudian, tulisan belum pernah atau sedang diikutsertakan dalam lomba atau kompetisi media jurnalistik lain.

Tulisan yang dilombakan juga bisa diterbitkan di media massa. Baik di media cetak (koran, tabloid, majalah) serta media online (portal berita yang direkomendasikan oleh dewan pers) dalam periode 6 Februari sampai dengan 19 Juli 2017. Khusus tulisan feature, tulisan maksimal 1.200 kata.

Berminat ikut lomba ini? Segera kirimkan tulisan dalam format word dan kliping ke [email protected] Cantumkan media, tanggal pemuatan, dan halaman saat tulisan dimuat di media, serta identitas lengkap mencakup nama, alamat, surat elektronik/email, dan nomor telefon yang dapat dihubungi.

Tulisan paling lambat diterima pada 21 Juli 2017, sedangkan pemenang akan diumumkan pada Agustus mendatang. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini