nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fresh Graduate Ikut Bursa Kerja, Perlu Enggak Sih?

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 06:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 14 65 1642631 fresh-graduate-ikut-bursa-kerja-perlu-enggak-sih-a0UkP2SanW.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Kemudahan teknologi membuat setiap individu bisa menemukan berbagai informasi secara online, termasuk mencari lowongan kerja. Media sosial seperti LinkedIn juga sangat membantu untuk membangun jaringan dengan berbagai profesional. Lantas, masih pelukah fresh graduate ikut bursa kerja?

Banyaknya peserta di suatu bursa kerja membuat persaingan makin kompetitif. Nah, supaya tidak asal hoki, berikut ini beberapa hal yang perlu fresh graduate ketahui tentang bursa kerja, dilansir dari Top Universities.

Apa Itu Bursa Kerja?

Bursa kerja atau job fair merupakan kegiatan yang dimanfaatkan berbagai perusahaan untuk mencari karyawan potensial. Bagi fresh graduate, kesempatan ini tentu patut untuk dicoba. Sebab, kamu bisa mencari tahu berbagai pilihan karier, sehingga tidak mengandalkan koneksi internet saja ketika mencari kerja.

Di Mana Bursa Kerja Diadakan?

Bursa kerja kerap dihelat di kampus untuk memfasilitasi para lulusannya. Sejumlah event organizer juga kerap mengadakan kegiatan ini dengan mengundang perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor.

Bagaimana Daftar Bursa Kerja?

Proses pendaftaran biasanya dilakukan dengan registrasi online. Secara otomatis, kamu juga akan menjadi bagian dari mailing list sehingga bisa mendapat update informasi terbaru.

Apa yang Bisa Diharapkan pada Bursa Kerja?

Tentu kamu bisa mendaftar berbagai posisi sesuai dengan keahlianmu ke perusahaan yang potensial. Beberapa bursa kerja juga menyediakan workshop yang bisa menambah wawasanmu mengenai serba-serbi dunia kerja.

Pakaian Apa yang Dipakai Ketika Datangi Bursa Kerja?

Gunakan pakaian yang formal dan sepatu formal. Meski begitu, pastikan pakaian nyaman karena situasi di bursa kerja cukup padat.

Apa yang Harus Dibawa ke Bursa Kerja?

Bawalah CV, resume, dan lamaran kerja sebanyak mungkin. Masukkan berkas tersebut dalam amplop atau map supaya rapi. Sertakan juga kartu nama jika kamu memilikinya.

Apa yang Harus Dilakukan ketika di Bursa Kerja?

Jika kamu punya kesempatan untuk mengobrol dengan perwakilan perusahaan di sana, maka inilah saatnya kamu memberi kesan yang baik. Berikan beberapa pertanyaan yang relevan. Bertukar kontak juga menjadi langkah yang baik untuk memperluas koneksi. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini