Image

100 HARI TRUMP: Sumbang Gaji di Akhir Tahun, Trump Minta Bantuan Media

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu, 15 Maret 2017 - 04:01 WIB
Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters) Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Donald Trump akan menyumbangkan gajinya tahunannya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) akhir tahun. Trump juga meminta media untuk membantunya memilih kemana sumbangan itu akan diberikan.

“Presiden berniat untuk menyumbangkan gajinya pada akhir tahun ini. Dia telah bersumpah kepada warga AS. Dia meminta Anda semua membantu menentukan ke mana sumbangan diberikan,” kata Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer kepada jurnalis sebagaimana dilansir Straits Times, Rabu (15/3/2017).

Janji untuk menyumbangkan gajinya sebagai Presiden AS diucapkan Trump sejak berkampanye mulai berkampanye hampir dua tahun lalu. Konglomerat kelahiran New York itu mengatakan hanya akan mengambil jumlah minimum yang harus dia terima, sebesar USD1 atau sekira Rp13 ribu.

Undang-undang AS mengatur seorang presiden akan menerima gaji untuk pekerjaan selama masa baktinya dalam kisaran USD400 ribu atau sekira Rp5,3 miliar per tahun. Jumlah ini belum termasuk uang saku tambahan sebesar USD50 ribu atau Rp664,2 juta untuk biaya yang berkaitan dengan atau dihasilkan dari tugas-tugas resminya.

Selain Trump, Presiden AS lain yang juga menyumbangkan gajinya untuk amal di masa lalu adalah Herbert Hoover dan John F. Kennedy.

(dka)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming