nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Bupati Halmahera Selatan Diperiksa Terkait Korupsi Bansos

Narjo Usman, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 17:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 15 340 1643626 mantan-bupati-halmahera-selatan-diperiksa-terkait-korupsi-bansos-6HuLQHTfqK.jpg Mantan Bupati Halmahera Selatan Muhamad Kasuba usai diperiksa di Kejati Maluku Utara (Narjo/Okezone)

TERNATE - Penyidik Kajakasan Tinggi (Kejati) Maluku Utara terus menyelidiki aktof di balik kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) Kabupaten Halmahera Selatan tahun anggaran 2007-2009 senilai Rp 47 miliar. Mantan Bupati Halmahera Selatan, Muhamad Kasuba, hari ini ikut diperiksa.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu diperiksa sabagai saksi karena diduga mengetahui aliran dana bansos semasa ia masih menjabat sebagai bupati pada periode 2005-2015. Pemeriksaan berlangsung selama enam jam sejak pukul 09.00 WIT.

"Tadi Muhamad Kasuba diperiksa tim penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku Utara," kata Kasi Penkum Kejati Maluku Utara, Apris A Lingua, kepada Okezone, Rabu (15/3/2017).

Muhamad Kasuba dimintai keterangan seputar prosedur aliran dana bansos. Mulai dari proses hingga dana tersebut cair ke penerima.

"Masih seputar perimaan anggaran dan pos pengeluaran anggaran dana bansos tahun 2007-2009. Itu yang ditanyai penyidik kurang lebih 20 pertanyaan," jelas Apris.

Disentil terkait dana bansos Rp1,5 miliar diduga mengalari ke Muhamad Kasuba untuk biaya operasional perjalanan dinas, Apris mengatakan, penyidik belum mengarah ke dugaan tersebut karena masih fokus pada prosedur penerima.

"Belum sampai ke situ, yang ditanyai penyidik masih seputar prosedur aliran dana Bansos. Kalau sudah ada bukti lain suatu waktu nanti dikroscek ke beliau (Muhamad Kasuba)," ungkap Apris.

Hingga kini jumlah saksi yang diperiksa penyidik terkait kasus bansos tersebut sudah mencapai 115 orang. Saksi terdiri dari pejabat di Halmahera Selatan serta masyarakat yang menerima.

"Sampai sekarang sudah 115 saksi, beberapa saksi sudah diperiksa beberapa hari lalu. Hari ini hanya Muhamad Kasuba," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini