Menlu AS: Usaha Menghentikan Program Nuklir Korut Telah Gagal

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 17 Maret 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 17 18 1644926 menlu-as-usaha-menghentikan-program-nuklir-korut-telah-gagal-6PsJKN4DHP.jpg Foto Rex Tillerson dan Fumio Kishida (Foto: AFP/Getty Images)

TOKYO Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson saat ini tengah berada di Jepang untuk membicarakan berbagai isu, termasuk Korea Utara (Korut), dengan pejabat Negeri Sakura. Pada kunjungannya itu, Tillerson menyatakan bahwa usaha menghentikan program nuklir selama ini telah gagal.

“Jadi pendekatan kita selama 20 tahun telah gagal. Ini termasuk sebuah periode ketika AS memberikan bantuan USD1,35 miliar untuk Korut sebagai dorongan untuk mengambil langkah yang berbeda,” ujar Tillerson di Tokyo, sebagaimana dikutip dari Independent, Jumat (17/3/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Tillerson usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida demi membahas kemungkinan baru untuk menangani isu Korut. “Bagian dari kunjungan saya di wilayah ini adalah untuk bertukar pandangan mengenai pendekatan baru,” tutur Tillerson.

Pada kunjungannya itu, sang menteri luar negeri AS juga memberikan pernyataan yang meyakinkan Korut bahwa negaranya tidak menginginkan adanya konflik. “ Korut dan warganya tidak perlu takut dengan AS atau tetangga mereka (Jepang-Korea Selatan) yang hanya ingin hidup damai dengan Korut,” kata Tillerson.

Kunjungan Tillerson itu memang bertepatan dengan ancaman-ancaman Korut yang dilontarkan kepada AS dan Korea Selatan akibat adanya latihan gabungan yang akan segera dimulai.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini