Image

M Nuh: KH Hasyim Muzadi Jangkar Masyarakat Indonesia

Zaimul Haq Elfan, Jurnalis · Jum'at, 17 Maret 2017 - 17:21 WIB
KH Hasyim Muzadi (Foto: Okezone) KH Hasyim Muzadi (Foto: Okezone)

DEPOK - Kepergian KH Hasyim Muzadi memberikan duka mendalam bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diungkapkan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

Ia mengatakan bahwa yang membuat KH Hasyim menjadi seperti ini adalah sifatnya yang memanusiakan manusia lainnya. Hasilnya dengan sifat itu juga dia dihargai oleh orang lain.

"Beliau tentu besar karena bersifat nguwongke bahasa Jawa yang artinya mengorangkan orang," katanya kepada wartawan ketika berziarah ke kuburan Hasyim di area Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat, Jumat (17/3/2017).

Lebih lanjut, Nuh mengatakan bahwa KH Hasyim Muzadi orang yang hebat karena punya kepedulian tinggi terhadap NKRI, Islam, dan juga sebagai jangkar bagi masyarakat Indonesia.

"Beliau punya kepedulian tinggi kepada NKRI sama seperti keluarga NU lainnya. Menurut dia NKRI harga mati," katanya.

Sebelumnya, Nuh mengungkapkan hubungan mereka sangat intens saat almarhum meminta mengelola aset NU yang ada di Surabaya.

"Saya mulai intens berhubungan dengan beliau ketika saya menjadi Rektor Institut Teknik Surabaya (ITS) dan beliau Ketua Umum PBNU menyuruh saya mengelola aset NU di Surabaya berupa rumah sakit," kenangnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming