Image

Makam KH Hasyim Muzadi Ramai Peziarah, Ada yang Mengaji Ada Pula yang Selfie

Zaimul Haq Elfan, Jurnalis · Jum'at, 17 Maret 2017 - 13:50 WIB
Foto: Zaimul Haq/Okezone Foto: Zaimul Haq/Okezone

DEPOK - Pemakaman mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di areal Pesantren Al Hikam, Depok, berlangsung khidmat kemarin. Jumlah orang yang mengantarkan almarhum ke pusara mencapai ribuan orang, termasuk Wapres Jusuf Kalla.

Sehari setelah meninggalnya KH Hasyim Muzadi, makam beliau ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dari pagi hingga siang ini, ada sekira ratusan orang yang silih berganti berziarah untuk mendoakan alharmum.

Para peziarah itu ada yang datang hanya untuk mendoakan alharmum, ada juga yang membacakan ayat suci Alquran. Tapi di antara mereka, ada pula yang tak ketinggalan selfie di area makam, setelah berdoa.

Putra bungsu KH. Hasyim Muzadi, Yusron Shidqi mengatakan, untuk prosesi khataman Alquran di sekitar kubur akan dilaksanakan selama 40 puluh hari. Hal itu sesuai dengan wasiat almarhum ketika masih hidup.

"Khataman Qur'an dilaksanakan selama 40 hari sesuai wasiat almarhum," katanya kepada wartawan di Pondok Pesantren Al Hikam, Jumat (17/3/2017).

Dia melanjutkan, untuk pelaksanaan khataman Alquran kebanyakan dilakukan oleh santri, orangtua santri dan warga sekitar yang mau meluangkan waktunya.

"Khataman Quran dilakukan kebanyakan dari santri kemudian orangtua santri dan juga warga sekitar yang mau meluangkan waktunya," katanya.

(ris)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming