Image

TOP FILES: Sejarah Nama Bogor, Asalnya dari...

Randy Wirayudha, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 07:21 WIB
Kota Bogor (Foto: skyscapercity.com) Kota Bogor (Foto: skyscapercity.com)

BOGOR sejak era kolonial Belanda, sering jadi destinasi wisata yang populer. Selain dekat dari Batavia (kini Jakarta), suasana di Bogor terbilang sejuk dan nyaman untuk melepas penat kalau tak mau jauh-jauh ke Bandung dari Batavia.

“Tradisi” liburan ke Bogor, baik ke kota maupun wilayah kabupatennya, berlanjut hingga sekarang, di mana kita bisa menikmati alam kemerdekaan. Namun terbersit ada rasa penasaran, sebenarnya dari mana sih asal kata Bogor itu sendiri?

Kalau menengok penjelasan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui website-nya, setidaknya ada tiga versi. Begini pemaparannya:

Versi pertama yang juga terdapat di buku ‘Sejarah Bogor’ karya Saleh Danasasmita, nama Bogor tak lepas dari eksistensi sebuah patung sapi yang ada di dalam Kebun Raya Bogor. Kata lain untuk sapi, disebutkan adalah “Baghar/Bagar”.

Tapi lantaran adanya perpaduan budaya Arab dan Sunda, penyebutan “Ba-nya” berubah jadi “Bo”. Jadi kalau “diluruskan” lagi, jadinya Bogor.

Adapun patung sapi itu sendiri konon katanya berasal dari sebuah kolam Kota Batu yang dipindahkan Dr Friedrich ke Kebun Raya (Bogor) yang dulunya bernama ‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Nah, versi kedua berasal dari kata “Buitenzorg”, penyebutan Bogor di masa kolonialisme Belanda. Penyebutan menjadi “Bogor” tak lepas pula dari kesulitan warga lokal yang menyebutkan Buitenzorg, hingga menjadi “Borg”, kemudian, “Bogor”.

Ada lagi versi ketiga, di mana kata “Bogor” berasal dari kata “Bokor”. Perubahan dari huruf “k” ke huruf “g”, terjadi begitu saja seiring berjalannya waktu. Pasalnya lidah orang Sunda kadang secara tak sadar mengubah kata-kata yang terdapat huruf “k”, menjadi huruf “g”, seperti “kumasep” jadi “gumasep”.

Kalau penggunaan nama resminya, sejak era kolonial Bogor terus disebutnya dengan Buitenzorg, hingga tahun 1950. Setelah penyerahan kedaulatan Hindia Belanda kepada Republik Indonesia Serikat (RIS), Buitenzorg resmi diubah jadi Kota Besra Bogor berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 1950.

Tujuh tahun berselang berubah jadi Kota Praja Bogor dan berubah lagi jadi Kotamadya Daerah Tingkat II Bogor pada 1974 dan beralih lagi jadi Kota Bogor pada 1999, sebagai wilayah administrasi yang terpisah dari Kabupaten Bogor.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming