Wuih.. Dianggap Berkhasiat, Air Misterius di Gunungkidul Diserbu Warga

Markus Yuwono, Sindoradio · Jum'at 17 Maret 2017 23:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 17 510 1645878 wuih-dianggap-berkhasiat-air-misterius-di-gunungkidul-diserbu-warga-J1raG6Yek5.jpg Air yang dianggap berkhasiat. (Foto: Markus Y)

YOGYAKARTA- Fenomena sumber mata air yang muncul secara tiba-tiba di Dusun Tunggul Timur, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, menyisakan misteri. Namun, sumber air tersebut kini diserbu masyarakat karena dipercaya mampu menyembuhkan penyakit.

"Hingga kini, sumber air tersebut masih terus keluar airnya." ujar Kepala Desa Semanu, Andang Yunanto saat dihubungi, Jumat (17/3/2017).

Setiap hari, ratusan warga mendatangi lokasi untuk mengambil air di pekarangan lahan tegalan milik Parno Suwito (55). Air itu keluar sejak Sabtu 11 Maret 2017. Hingga hari ini, mata air tersebut masih mengeluarkan air dan masih didatangi warga untuk mengambil air dari sumber mata air tiban tersebut. 

Tak jarang warga langsung mengkonsumsi langsung meminum dari sumber mata air.

"Warga percaya jika mengandung khasiat obat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit," bebernya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Badingah, mengungkapkan pihaknya langsung melakukan pemantauan dan meminta Dinas Kesehatan untuk memeriksa kandungan di dalam air. Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, Secara fisik air tidak berbau dan berasa.

Sementara secara kimia, air tidak mengandung zat atau bahan yang berbahaya jika dikonsumsi. Kadar semua zat kimia yang terkandung, dalam batas normal.

"Untuk mengetahui kandungan kuman atau bakteri masih menunggu 7-10 hari," jelas Badingah.

Meski aman, ia meminta warga yang datang agar merebus air dari sumber mata air tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

"Kesimpulan sementara air layak untuk dikonsumsi dengan syarat direbus terlebih dahulu sampai mendidih," tandasnya. (sym)

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini