Image

Tim Mobil Garuda UNY Siap Bertanding di Singapura

Foto: Dok UNY

Foto: Dok UNY

JAKARTA - Tim Mobil Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berjumlah 15 orang bertolak ke Singapura pada Selasa 14 Maret 2017 untuk mengikuti Kompetisi Shell Eco Marathon 2017.

Tahun ini merupakan kali pertama bagi Garuda UNY Team ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi tingkat dunia, Shell Eco Marathon 2017. Terdapat tiga kategori dalam kompetisi ini yaitu Battery Electric, Hydrogen, dan Internal Combustion Engine (ICE).

Mobil Garuda UNY Urban Gasoline yang tergabung dalam kategori ICE merupakan mobil pengembangan dari tahun lalu. Improvisasi ini dilakukan hampir di seluruh bagian seperti engine, body, brake system, dll. Salah satunya chassis, jika sebelumnya komponennya terdiri atas gabungan antara aluminium dan besi sekarang hanya menggunakan aluminium saja. Tujuan dari pengembangan ini, selain memang untuk perbaikan juga untuk mengurangi bobot kendaraan. Sebelum pengembangan bobotnya 120 kg sekarang menjadi 105 kg.

“Cita-cita sejak 2013 akhirnya tercapai juga. Kompetisi ini telah lama diidamkan oleh Garuda UNY Team (GUT). Akhirnya, tahun ini GUT berkesempatan untuk berlaga di kompetisi ini.” Tutur Sutiman, M.T selaku advisor GUT, seperti dilansir dari laman UNY, Minggu (19/3/2017).

“Dukungan maksimal dari pihak kampus, sponsor dan tentunya keluarga, harus kita bayar lunas tuntas. Maksimalkan usaha dan harus teliti hingga hal paling kecil. Kekurangan yang pernah ada jangan sampai terulang lagi, serta yang paling penting perteguh ibadah,” tambahnya.

Rini selaku perwakilan Shell di Indonesia mengatakan, kompetisi Shell Eco Marathon tahun ini merupakan kompetisi yang paling banyak diikuti dan paling beragam sepanjang penyelenggaraan yang telah ada, khususnya peserta dari Indonesia yang biasanya hanya sekira 6 tim, tahun ini meningkat menjadi 19 tim.

Sebanyak 575 Tim dari berbagai negara datang dengan inovasi kendaraan yang luar biasa, diantaranya dari Mesir, Bangladesh, Pakistan, Vietnam, New Zealand, Filipina, China, Saudi Arabia, India, Brunei Darussalam, Malaysia, Egypt, Singapura, Thailand, dan Qatar.

Tim Garuda akan melanjutkan lima tahapan technical inspection setelah kemarin lolos lima tahapan. Dikarenakan antre yang cukup panjang dan waktu telah habis, maka akan dilanjutkan kembali,” tukas Mifta Saputra, Ketua Delegasi SEM 2017.

"Setelah lolos 10 tahapan tersebut, kita akan melakukan practice run sebelum race pada 17-19 Maret 2017. Semoga bisa memaksimalkan waktu, tenaga, serta kesempatan yang ada,” tutupnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x