Image

Pintar Bagi Waktu, Anak Buruh Bangunan Jadi Peraih IPK Tertinggi

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin, 20 Maret 2017 - 06:30 WIB
Foto: Dok UNY Foto: Dok UNY

JAKARTA - Altakiyah patut bangga lantaran menjadi lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK tertinggi, yakni 3,89. Melalui bidikmisi, anak buruh bangunan ini mampu mewujudkan mimpinya untuk menjadi sarjana.

Unggul di akademis, alumnus SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Magelang itu juga aktif dalam kegiatan organisasi mahasiswa (ormawa). Tak tanggung-tanggung, tiga ormawa sekaligus diikutinya selama menempuh studi di UNY.

Ketiga ormawa yang diikutinya, meliputi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Hima Diksi), Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UKMF) Al Fatih, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UNY. Alih-alih sulit membagi waktu, gadis yang akrab disapa Alta itu justru merasa kesibukan membuatnya semakin fokus.

"Semakin sibuk, kita akan dituntut untuk pintar membagi waktu. Fokus dengan kegiatan yang sedang dilakukan, jangan memikirkan yang lain dulu. Kalau terlalu banyak luang jadi sia-sia," ucapnya dilansir dari laman UNY, Senin (20/3/2017).

Dia mengaku, keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk meraih cita-cita. Lolos jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Alta pun kuliah sungguh-sungguh untuk menjadi seorang guru.

"Tidak ada yang sia-sia. Kalau ada kemauan, pasti ada jalan," sebutnya.

Selama kuliah, putri bungsu pasangan Mujiyanto (53) dan Mutiah (47) itu tak pernah mengeluh. Padahal, sang ayah sering sakit-sakitan dalam setahun terakhir ini. Sedangkan ibunya, selain menjadi buruh, juga menerima pesanan makanan ringan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming