Image

Sensasi Mengendarai Motor Listrik Roda 3 'Motec R3'

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu, 18 Maret 2017 - 13:09 WIB
Motor listrik tiga roda (Foto: Bramantyo/Okezone) Motor listrik tiga roda (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Kehadiran sepeda motor roda 3, Motec R3, menarik perhatian publik. Apalagi pemilik sepeda motor rakitan Surabaya, Jawa Timur, ini masih terbatas jumlahnya. Hal ini menimbulkan rasa penasaran masyarakat untuk mencoba motor yang dikenal dengan sebutan Tiger ini.

Pemilik Tiger, Dwi Ari Sutanti, warga Ngoresan, Jebres, Solo, mempersilakan Okezone untuk mencoba motor yang menjadi viral di dunia maya ini.

Sepintas terlihat mudah untuk mengendalikan sepeda motor berkabin ini. Instrumen dan panel di interior tidak terlalu rumit. Setang kemudinya seperti kendaraan angkutan bajaj di Jakarta. Tuas rem terdapat pada setang kemudi, begitu juga dengan perseneling berupa tombol.

Hal ini memudahkan pengguna Motec R3 dalam mengoperasikan kendaraan. Selain itu, di bawah pengemudi, ada charge aki motor listrik. Jika men-charge cukup dengan menghubungkan kabel dari aki ke perangkat listrik di rumah, seperti saat mengisi baterai smartphone.

Setelah memperlajari semua tombol di Motec R3, Okezone pun mencobanya. Butuh adaptasi dalam mengoperasikannya. Karena kendaraan listrik Motec 3 tak menghasilkan suara. Sehingga, jangan heran jika meski posisi kunci sudah di posisi 'On' namun seolah-olah mesin tak menyala.

Begitu tuas grip diputar Motec R3 pun melaju. Jalan di sekitar rumah Dwi yang rusak, turut memengaruhi kenyamanannya. Guncangan di kabin begitu terasa.

Saat di jalan menanjak, jangan ragu memutar grip dalam-dalam. "Motornya kuat kok di tanjakan," ucap Dwi.

Soal handling, setang kemudi tak berat, termasuk ketika bermanuver di belokan. Sementara itu soal top speed-nya, hal itu bergantung pada bobot kendaraan atau jumlah penumpang.

Jika dikendarai sendiri sebenarnya Motec R3 bisa berlari hingga 60 kilometer per jam. Namun jika diisi full, yakni tiga orang, kecepatan maksimumnya di kisaran 30-40 km/jam.

Motec R3 bisa saja menjadi alternatif alat transportasi di lingkungan. Hal yang perlu diperhatikan motor ini belum dilengkapi dokumen layaknya kendaraan penumpang, sehingga tak bisa digunakan di jalan raya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming