Image

Wah! Tingkat Kepuasan Warga terhadap Presiden Argentina Semakin Menurun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin, 20 Maret 2017 - 03:06 WIB
Presiden Argentina Mauricio Macri (Foto: Martin Acosta/Reuters) Presiden Argentina Mauricio Macri (Foto: Martin Acosta/Reuters)

BUENOS AIRES – Presiden Argentina Mauricio Macri harus menghadapi kenyataan pahit. Masyarakat Negeri Tango semakin banyak yang tidak menyukai kepemimpinannya. Jajak pendapat terakhir menunjukkan lebih banyak warga Argentina yang tidak puas daripada yang puas atas kinerjanya.

Sebanyak 44,2% warga Argentina menyatakan ketidakpuasan, sementara 40,2% lainnya puas atas kinerjanya dalam setahun terakhir sejak terpilih menggantikan Cristina Fernandez de Kirchner. Angka tersebut dirilis oleh Harian Clarin mengutip hasil jajak pendapat konsultan publik Management & Fit.

Seperti dimuat Reuters, Senin (20/3/2017), sebagian besar warga menilai Macri belum mampu memenuhi janji kampanyenya untuk menaikkan perekonomian Argentina. Bahkan, 48% responden memprediksi ekonomi Argentina akan memburuk dalam beberapa bulan ke depan.

Serikat buruh terbesar Argentina berencana menggelar demonstrasi massal pada 6 April 2017 untuk memprotes sejumlah kebijakan yang dinilai menyakiti para pekerja serta menutup lapangan pekerjaan. Mereka menilai subsidi yang dicabut oleh Macri justru berdampak buruk terhadap perekonomian.

Dalam jajak pendapat tersebut, mayoritas warga menyebut korupsi, tingginya angka kriminalitas, dan pengangguran sebagai tiga problem utama terbesar Argentina. Management & Fit menggelar jajak pendapat tersebut kepada 2.000 responden yang dipilih secara acak pada 11-17 Maret.

Mauricio Macri sendiri awal Maret ini sudah berjanji untuk menerbitkan undang-undang baru yang akan mencegah konflik kepentingan dalam jajaran pemerintahannya. Mantan Presiden klub sepakbola Boca Juniors itu sempat dilaporkan terkait dugaan menyalahgunakan kekuasaan demi menguntungkan perusahaan yang dimiliki keluarganya. 

(war)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming