Wah, Ternyata Rakyat Norwegia Paling Bahagia Sedunia!

Silviana Dharma, Okezone · Senin 20 Maret 2017 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 20 18 1647354 wah-ternyata-rakyat-norwegia-paling-bahagia-sedunia-wlh9vPDAdW.jpg Ilustrasi. Negara paling bahagia di dunia. (Foto: SDSN)

NEW YORK – Laporan tahunan dari Sustainable Development Solutions Network (SDSN) tentang taraf kebahagiaan negara-negara di dunia sudah diumumkan. Hasilnya, negara paling bahagia di muka Bumi periode 2017 (tetapi diukur dari 2014-2016) adalah Norwegia.

Perolehan ini dengan kata lain menyatakan negeri yang dihuni 5 juta orang Skandinavia itu telah menggeser posisi Denmark, yang pada tahun lalu memuncaki gelar sebagai negara paling berbahagia di dunia. Tahun ini, Denmark mengekor di peringkat kedua.

Sustainable Development Solutions Network (SDSN) didirikan pada 2012 berdasarkan inisiatif dari PBB. Tujuan pendiriannya, yakni menjadikan negara paling bahagia itu sebagai teladan atau acuan bagi negara lainnya yang masih terpuruk dalam lembah kekelaman untuk bangkit dan menyejahterakan rakyatnya.

Ada sedikitnya 155 negara yang diteliti pada tahun ini. Negara yang berada di urutan terbawah atau paling tidak bahagia adalah Republik Afrika Tengah. Indeks kebahagiaan yang sedikit juga ditemukan di kebanyakan negara Benua Hitam.

“Negara yang berbahagia adalah yang mampu memakmurkan warga negaranya secara merata. Tolok ukurnya didasarkan pada perhitungan konvensional, modal sosial dan tingkat kepercayaan yang tinggi di kalangan masyarakat. Negara yang bahagia juga biasanya memiliki kesenjangan sosial, ekonomi yang rendah dan rakyat punya kepercayaan yang tinggi pada pemerintah,” papar Direktur SDSN sekaligus penasihat khusus Sekjen PBB, Jeffrey Sachs, seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/3/2017).

Sachs mengusulkan agar yang belum masuk kategori terbahagia mengikuti jejak Uni Emirat Arab dan sejumlah negara lain yang sudah membuka Kementerian Kebahagiaan. “Saya ingin pemerintah mengambil langkah serius, mendiskusikannya, menganalisa dan mengerti ketika mereka sudah mengambil arah yang salah,” terang dia.

Laporan tentang negara paling bahagia sedunia seringkali mengejutkan, karena ternyata negara-negara dengan perekonomian maju justru tidak masuk 10 besar. Sebut saja di antaranya negara anggota G7, Amerika Serikat turun satu peringkat menjadi negara paling bahagia sedunia ke-14. Diikuti oleh Jerman, (posisi 16), Inggris (19), dan Prancis (31).

Peringkat tersebut didasarkan pada enam faktor, meliputi pendapatan per kapita domestik, harapan hidup sehat, kebebasan, kemurahan hati, dukungan sosial dan minimnya tindak pidana korupsi di tubuh pemerintahan atau bisnisnya.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-81. Cukup bagus dalam faktor dukungan sosial dan kebebasan untuk memilih. Akan tetapi, masih kalah bahagia dari Jamaika (76), Kroasia (77), Kosovo (78), China (79) dan Pakistan (80).

10 Besar Negara Paling Bahagia Sedunia per 2017:

1. Norwegia

2. Denmark

3. Islandia

4. Swiss

5. Finlandia

6. Belanda

7. Kanada

8. Selandia Baru

9. Australia

10. Swedia

10 Besar Negara Paling Tidak Bahagia:

1. Republik Afrika Tengah

2. Burundi

3. Tanzania

4. Suriah

5. Rwanda

6. Togo

7. Guinea

8. Liberia

9. Sudan Selatan

10. Yaman

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini