Image

KISAH: Ludger Sylbaris, Pria yang Selamat dari Kiamat karena Mabuk

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 08:01 WIB
Ludger Sylbaris (Foto: vintagenews.com) Ludger Sylbaris (Foto: vintagenews.com)

LUDGER Sylbaris, seorang pria Afrika-Karibia yang dipekerjakan dan bepergian dengan sirkus Barnum & Bailey menjadi terkenal di seluruh dunia setelah selamat dari ledakan gunung berapi Pelee di Prancis. Bencana besar yang terjadi pada 1902 itu menewaskan sekiranya 40 ribu penduduk Kota Saint-Pierre.

Sylbaris lahir dengan nama August Cyparis atau Louis-Auguste Cyparis pada 1875 di Pulau Martinique, Prancis. Di kemudian hari, August memakai nama Ludger Sylbaris sebagai nama panggungnya.

Sepanjang hidupnya, Ludger dikenal sebagai seorang pembuat onar dan seorang penjahat yang membuatnya ditangkap dan ditahan pada 7 Mei 1902 karena menganiaya seorang pria. Beberapa cerita menyebutkan dia mabuk dan membunuh seorang pria sehingga dijebloskan ke penjara atas tuduhan pembunuhan. Ironisnya hal itulah yang membuat nyawa Ludger selamat amukan Gunung Pelee.

Ludger ditempatkan di sebuah tahanan tersendiri dan dikunci di sebuah sel bawah tanah yang dilindungi oleh tembok-tembok batu. Sel ini berjarak jauh dari gunung berapi dan tidak memiliki jendela, menjadikannya bangunan paling aman di seluruh kota.

Saat Gunung Pelee meletus sel itu menyelamatkan nyawa Ludger bahkan bangunan itu masih berdiri di lokasi yang sama lebih dari seratus tahun kemudian.

Sel yang dihuni Ludger saat Gunung Pelee meletus pada 1902. (Foto: Atlas Obscura)

Pada 8 Mei 1902, ledakan Gunung Pelee meratakan seluruh Saint-Pierre dan menewaskan seluruh penduduknya. Mereka tewas terbakar atau kehabisan nafas. Setelah kejadian itu, Ludger terkunci di dalam selnya selama empat hari sebelum ditemukan tim penyelamat.

1 / 2
  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming