facebook pixel

TOP AUTOS: Masalah pada Pengaturan Gas, Mobil Presiden Jokowi Mogok

Ilustrasi mobil presiden (Okezone)

Ilustrasi mobil presiden (Okezone)

JAKARTA - Mobil sedan Mercedes Benz S600 Guard yang membawa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tiba-tiba mengalami masalah. Peristiwa tersebut terjadi ketika pria yang akrab disapa Jokowi ini tengah melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada Sabtu 18 Maret 2017.

Berdasarkan informasi yang beredar, ada masalah pada pengaturan gas sehingga mobil tidak dapat berjalan normal atau mogok. Saat ini, mobil tersebut sudah ditangani oleh Mercedes Benz Indonesia (MBI).

Dennis Kadaruskan, Public Relations (PR) Manager MBI mengatakan, "Kendaraan sedang ditangani oleh diler resmi Mercedes Benz Indonesia."

Namun soal detail masalah yang ada pada mobil dan diler yang menanganinya, pihaknya menolak memberi tahu.

"Untuk detail dan lain-lain-lain kami tidak bisa memberikan informasi. Karena kendaraan sedang ditangani dan dilakukan inspeksi oleh diler resmi Mercedes Benz. Untuk informasi diler saya tidak bisa ungkapkan karena terkait kerahasian presiden," terang dia.

Ini bukan pertama kalinya mobil 'three point star' itu mengalami mogok saat digunakan Jokowi. Pada September 2016, peristiwa serupa juga terjadi saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Ponorogo, Jawa Timur. Permasalahannya terletak pada setting gas, di mana mobil sulit melaju cepat.

Mobil Mercedes Benz S600 Guard yang digunakan Jokowi merupakan model 2007. Sebagai kendaraan pesanan khusus, mobil premium Jerman itu telah mengalami perubahan dari model standarnya.

Sebagai kendaraan kepresidenan, fitur-fitur dan perangkat keamanan menjadi perhatian khusus. Hal yang pasti, mobil dibuat dari material antipeluru dan bom. Tak heran jika bobot mobil jauh lebih berat dibandingkan dengan versi standarnya. Setidaknya, ada penambahan bobot minimal 1 ton.

Sehingga tak heran, kerja sistem penggerak akan lebih maksimal lagi, baik mesin maupun transmisi. (san)

(ton)
TAG : TOP masa