Image

Kasihan, Kura-Kura Penelan Nyaris 1.000 Koin Akhirnya Mati

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 18:05 WIB
Bank, kura-kura yang menelan hampir 1.000 koin akhirnya mati. (Foto: AP) Bank, kura-kura yang menelan hampir 1.000 koin akhirnya mati. (Foto: AP)

BANGKOK - Seekor kura-kura berusia 25 tahun yang menelan hampir 1.000 koin akhirnya mati. Dua pekan lalu, kura-kura tersebut dioperasi untuk mengeluarkan ratusan koin itu dari perutnya.

Dinukil dari Belfast Telegraph, Selasa 921/3/2017), Dr Achariya Sailasuta, profesor di Fakultas Kedokteran Hewan Chulalongkorn University, Bangkok, menyebut, penyebab kematian kura-kura betina tersebut adalah keracunan darah.

"Ia setidaknya memiliki kesempatan untuk berenang bebas dan makan dengan riang sebelum meninggal," tutur Dr Nantarika Chansue, yang mengeluarkan 5 kg koin dari perut si kura-kura melalui prosedur operasi selama enam jam pada 6 Maret.

Kura-kura yang dipanggil Bank itu sebenarnya terlihat membaik setelah operasi. Tetapi, pemeriksaan lanjutan memperlihatkan adanya masalah pada saluran pencernaannya. Tim dokter pun melakukan operasi kedua, tetapi Bank tidak pernah siuman dan akhirnya menghembuskan napas terakhir Selasa pagi.

Selama ini, Bank hidup di sebuah kolam di Provinsi Chonburi, sekira 175 km tenggara Bangkok. Ia menelan 915 koin yang dilemparkan para turis ke kolam tersebut sebagai ritual memohon keberuntungan. Tragisnya, koin-koin tersebut tertimbun di perut Bank dan membuat cangkangnya retak.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming