Image

Polemik Transportasi Online, 2 Menteri Rapat Tertutup dengan Kapolri

Agregasi Jawapos.com, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 12:26 WIB
Ilustrasi (Foto: Antara) Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menggelar rapat tertutup di Mabes Polri, siang ini, Selasa (21/3/2017).

Pembicaraan yang mengemuka adalah gejolak di kalangan pengemudi angkutan umum konvensional akibat kehadiran dari taksi online. "Ada keberatan dan bahkan tindak kekerasan antara pengemudi online dan konvensional," ucap Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2017), dikutip dari Jawa Pos.

Mantan Kapolda Papua ini mengatakan, di dalam rapat tertutup tersebut mereka menggelar video conference dengan kepala daerah. Namun tak semua kepala daerah. Hanya dengan daerah yang berpotensi konflik saja, seperti Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali serta Sulawesi Selatan.

"Jadi sejumlah tempat memang tidak terjadi (konflik). Karena itu kita lakukan sosialisasi. Kita ingin adanya aturan jadi lebih tertib dan menyelesaikan masalah," ujar mantan Kadensus 88 Antiteror itu.

Di kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menerangkan, pihaknya memang perlu membuat aturan baru untuk mengatur melonjaknya jumlah taksi online. Dia berharap ada aturan yang akan diterapkan nanti tidak merugikan semua pihak. "Kita harapkan ada asimilasi sehingga terjadi sistem transportasi yang menghidupi. Bukannya bersebrangan," kata Budi.

Senada dengan Menkominfo Rudiantara. Menurut dia, pemerintah memang harus turun langsung menangani dinamika taksi online dan konvensional. Hal itu agar semuanya berjalan secara teratur dan memberi kenyamanan bagi semua pihak. "Revisi permen ini mengukuhkan legal bahwa transportasi online boleh hanya ditata seperti kenyamanan dan lain-lain. Pemerintah satu, keputusan sektor ada di Menhub, saya mengeksekusi dari dunia mayanya," ujar dia.

(ran)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming