Image

Oalah.. Polisi Tangkap Pedagang Liquid Vape yang Mengandung Ganja

Badriyanto, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 15:31 WIB
Polres Jaksel saat merilis pedagang liquid vape mengandung ganja (foto: Badri/Okezone) Polres Jaksel saat merilis pedagang liquid vape mengandung ganja (foto: Badri/Okezone)

JAKARTA - Aparat Polres Metro Jakarta Selatan berhasil meringkus seorang pedagang cairan rokok elektronik, atau liquid vape yang mengandung zat narkoba jenis ganja. Penangkapan dilakukan pada Sabtu 17 Maret kemarin di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung mengatakan, berdasarkan hasil laboratorium puluhan botol berisi cairan rokok elektronik yang disita dari tangan tersangka berinisial AA (20) itu positif mengandung zat narkoba golongan satu.

"Mengungkap penangkapaan narkoba, dikatakan jenis baru karena barang bukti ini menggunakan liquid vape yang ternyata mengandung ganja, dari hasil laboratorium bahwa kandungan ganja teresebut bisa masuk narkotika golongan satu," ungkap Vivick di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2017).

Tersangka menjajakan cairan rokok elektronik yang sudah diracik dengan ganja itu melalui internet dan dikemas dengan aneka rasa sesuai selera pembeli, harga juga beragam dari Rp500 ribu hingga Rp600 ribu perbotol. Sementara sasaran pembeli adalah anak yang terbiasa memakai liquid vape.

"Dijual melalui internet, nama websitenya HND, kalau mau beli harus dengan internet dengan kode nama tertentu, tidak kepada sembarang orang dijual," jelasnya.

Dikatakan Vivick, tidak menutup kemungkinan akan ada pelaku lainnya yang mengedarkan barang harap tersebut dengan menggunakan modus liquid vape, mengingat liquid vape sendiri sedang populer dan proses peracikannya juga mudah.

"Ini campuran ganja dicampur dengan cairan ini beberapa persen, jadi kita juga akan mencari tahu lebih dalam bagaimana proses pembuatannya karena ini racikannya sangat sederhana," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming