Image

Saksi Ahli Agama yang Dihadirkan Kubu Ahok Klaim Mewakili Pribadi

Ferio Pristiawan Ekananda, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 18:54 WIB
Saksi ahli agama kubu Ahok, KH Ishomuddin (foto: Ferio/Okezone) Saksi ahli agama kubu Ahok, KH Ishomuddin (foto: Ferio/Okezone)
 

JAKARTA - Saksi ahli kedua yang dihadirkan oleh kubu Ahok, KH Ahmad Ishomuddin mengaku datang bersaksi di pengadilan dugaan penistaan agama mewakili pribadi.

Pria yang juga menjabat sebagai Rais Syuriah PBNU dan wakil ketua komisi fatwa MUI itu pun juga belum meminta izin kepada KH Ma'ruf Amin selaku pemimpin organisasinya bernaung.

"Meminta izin tidak, tapi diizinkan via telepon untuk tempat saya bekerja diizinkan via telepon. Namun untuk di PBNU karena saya tidak mewakili PBNU dan juga tidak sempat meminta izin kepada KH Maruf Amin sebagai Ketua Umum PBNU dan sebagai ketua MUI. Jadi saya datang ke tempat ini sebagai pribadi, tidak atas nama MUI ataupun PBNU," ungkapnya di Auditorium Kementan, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2017).

Ia pun tak risau apabila pendapatnya berbeda dengan KH Ma'ruf. Pasalnya, lingkungan Nahdliyin sangat memungkinkan adanya perbedaan-perbedaan pendapat.

Selain itu, perbedan pendapatnya tersebut bukan berarti ia tidak taat kepada KH Ma'ruf. Melainkan, hanya ingin memberikan pandangan yang seimbang kepada Majelis Hakim.

"Adapun apabila pendapat saya berbeda saya kira wajar-wajar saja, karena dalam Islam agama yang saya pahami sangat toleran dengan perbedaan-perbedaan pendapat, apalagi di NU. Dan perbedaan itu bukan berarti saya tidak taat kepada KH Ma'ruf Amin," ucapnya.

Sementara itu, persidangan saat ini masih tengah berlangsung dengan mendengarkan kesaksian saksi ahli ketiga yang dihadirkan kubu Ahok yaitu Ahli hukum pidana dari Universitas Katholik Parahyangan, Djisman Samosir.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming