Image

Minim Sarana Pendidikan, Kemdikbud Berikan Bantuan ke Kabupaten Pali

Muhadjir Effendy (Foto: Antara)

Muhadjir Effendy (Foto: Antara)

JAKARTA - Minimnya sarana dan prasarana di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan bantuan berupa 8.000 meja dan kursi secara bertahap ke wilayah itu.

“Saya melihat Kabupaten Pali walaupun masih tergolong muda, tetapi memiliki gairah yang sangat tinggi dalam pembangunannya, termasuk pembangunan dan pengembangan pendidikannya,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (21/3/2017).

Saat melakukan kunjungan kerjanya ke SMA Negeri 2 Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, Muhadjir menambahkan pihaknya juga akan mendirikan dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pali.

“Untuk penguatan vokasi, kami akan usahakan ada dua SMK yang didirikan di kabupaten ini yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja,” tuturnya.

Untuk kebutuhan tenaga kerja, Muhadjir mengatakan, terdapat empat sektor prioritas yang menjadi keunggulan Indonesia, yakni pertanian, kelautan, pariwisata, dan industri kreatif. “Kami harapkan Kabupaten Pali memiliki SMK dengan jurusan yang menjadi empat sektor prioritas tersebut,” jelasnya.

Dengan adanya pendirian dua SMK tersebut, ia mengajak Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Pali untuk dapat berbagi tugas. Pemerintah kabupaten dapat memberikan bantuan dengan menyediakan lahan. Sedangkan pemerintah provinsi dapat menyediakan tenaga pengajar, serta sarana dan prasarananya.

“Kemdikbud akan membantu pembangunan gedung sekolah barunya, dan berbagi dengan provinsi untuk pembangunan laboratorium praktik,” jelasya.

Selanjutnya, Kemdikbud juga akan membantu pembangunan ruang kelas baru. Dalam pemberian bantuan sarana ini, Muhadjir menyerahkan secara simbolis kepada Bupati Pali Heri Amalindo, dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki, dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Mendikbud dalam memajukan pendidikan di Kabulaten Pali. Kami akan memberikan perhatian terhadap pendidikan, dan akan mengalokasikan dana APBD murni untuk pendidikan sebesar 20 persen,” pungkas Bupati Pali Heri Amalindo.

(sus)
TAG : pendidikan
Live Streaming
Logo