Image

Penelitian Bukan Hanya soal Dana, Lho!

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 15:43 WIB
Foto: Ilustrasi Okezone Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA – Menghasilkan sebuah inovasi yang akhirnya bisa digunakan oleh masyarakat luas memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tidak heran jika dalam melakukan penelitian ada dana yang dibutuhkan untuk menciptakan ide tersebut menjadi karya inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Namun dalam menghasilkan sebuah inovasi berguna juga tidak selalu berkaitan dengan dana yang besar. Ide-ide inovasi yang cemerlang pun bisa diubah menjadi sebuah hasil penelitian yang berguna, sehingga tidak membutuhkan dana penelitian yang besar.

“Bagaimana caranya bisa memacu mahasiswa untuk menghasilkan karya inovasi dengan dana yang kecil namun bermanfaat, karena tujuan kami bukan soal dana. Ini bukan riset murni maupun teori, sehingga temuan yang ada bisa menggunakan anggaran yang kecil sekalipun,” ungkap Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang dalam acara Tanoto Student Research Award (TSRA) 2017 di Annex Building, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Sejumlah mahasiswa dari kampus-kampus mitra didorong untuk bisa mengajak mahasiswa agar mau melakukan penelitian. “Pemilihan proposalnya dilakukan oleh kampus itu sendiri,” imbuh Sihol.

Indonesia sendiri masih kurang dalam jumlah peneliti dan inovasi. Padahal, bidang tersebut juga memiliki peran penting dalam pembangunan serta kemajuan bangsa.

“Di akhir tahunnya memang akan dipilih siapa-siapa saja mahasiswa yang bisa hadir dalam acara media gathering ini,” tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming