Image

Penerimaan Siswa Baru Diusulkan Pakai Syarat Tes Narkoba

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

TERNATE - Kalangan DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat untuk memberlakukan persyaratan tes narkoba saat penerimaan siswa baru SMP dan SMA sederajat tahun ajaran 2017-2018.

"Penyalahgunaan narkoba dewasa ini telah menjangkau kalangan pelajar, bahkan di sejumlah daerah di Indonesia tidak sedikit pelajar yang menjadi pengedar narkoba," kata Anggota DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusi di Ternate, Selasa (21/3/2017).

Adanya persyaratan tes narkoba dalam penerimaan siswa baru SMP dan SMA sederajat, dapat menjadi salah satu cara efektif untuk membebaskan sekolah dari keberadaan pelajar yang menyalahgunakan narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar.

Menurutnya, tes narkoba itu sebaiknya tidak hanya saat penerimaan siswa baru, tetapi setelah para siswa bersekolah di SMP atau SMA, karena tidak tertutup kemungkinan mereka berkenalan dengan narkoba setelah berada di sekolah itu.

Para siswa yang terbukti terlibat narkoba, terutama yang sebagai pemakai sebaiknya langsung diarahkan untuk menjalani rehabilitasi agar siswa bersangkutan masih memiliki peluang untuk sembuh dan dapat menyongsong masa depannya dengan lebih baik.

Ia juga meminta kepada Dikbud dan instansi terkait lainnya untuk rutin melakukan pengecekan terhadap jajanan yang dijual di lingkungan sekolah, karena tidak tertutup kemungkinan jajanan itu ada yang mengandung narkoba.

Di berbagai daerah di Indonesia ditemukan berbagai produk makanan dan minuman, terutama dalam bentuk permen yang ternyata mengandung narkoba dan produk seperti itu tidak tertutup kemungkinan berada pula di Ternate.

Ia menambahkan, untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan remaja, peran para orang tua sangat penting khususnya dalam upaya memberikan pemahaman nilai-nilai agama dan bahaya narkoba kepada anak-anaknya.

(sus)
Berita Rekomendasi Tes Narkoba Calon Mahasiswa
Live Streaming
Logo
breaking news x