Kritikus Pemerintah Rusia Ditembak Mati di Ukraina

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 24 Maret 2017 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 24 18 1650718 kritikus-pemerintah-rusia-ditembak-mati-di-ukraina-UP4AGfIhfD.jpg Senjata api genggam yang ditemukan di dekat jenazah sang kritikus (Foto: AFP/Getty Images)

KIEV – Mantan pejabat Rusia yang kerap melontarkan kritikan terhadap pemerintahnya dilaporkan ditembak mati di Kiev, Ukraina. Insiden ini terjadi pada Kamis 23 Maret 2017 pagi waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dari New York Times, Jumat (24/3/2017) Presiden Ukraina Petro O Poroshenko menuturkan pembunuhan sang kritikus, Denis N Voronenkov, terdapat unsur kesengajaan. Sebab pembunuhan itu disebut bersamaan dengan kebakaran dan ledakan di gudang amunisi militer Ukraina yang berada di timur negara tersebut.

Karena itu pernyataan Poroshenko mengindikasikan terdapat dugaan kedua insiden itu merupakan aksi yang dilancarkan oleh pasukan khusus Rusia yang berada di Ukraina. Apalagi sang presiden Ukraina menyatakan, pembunuhan Voronnekov merupakan “aksi terorisme yang dilakukan oleh negara".

Namun, Kepolisian Kiev mengatakan bahwa untuk saat ini masih terlalu dini untuk menentukan motif di balik pembunuhan sang kritikus Rusia tersebut. Sebelum berada di Ukraina, Voronenkov merupakan anggota parlemen Rusia sebelum membelot ke Ukraina pada 2016 bersama istrinya, Maria Maksakova.

New York Times mewartakan, keduanya membelot dengan klaim menghindari penuntutan bersifat politis. Namun, otoritas Rusia menuding keduanya terlibat korupsi dan mereka kabur ke Ukraina untuk menghindari dimejahijaukan. Berada di Ukraina, baik Voronenkov dan istrinya disebut kerap melontarkan kritikan keras terhadap kebijakan Rusia terhada Ukraina.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini