Konyol! Berniat Bakar Buku Bekas, Pria Ini Justru Picu Kebakaran Hutan

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Sabtu 25 Maret 2017 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 24 18 1650997 konyol-berniat-bakar-buku-bekas-pria-ini-justru-picu-kebakaran-hutan-iGjhW8x92o.jpg Aksi bakar buku yang dilakukan seorang pria Florida justru menyebabkan lahan hijau dan delapan bangunan terbakar. (Foto: Florida Forest Service)

FLORIDA - Seorang pria asal Florida, Amerika Serikat (AS) harus terkejut karena ulahnya sendiri. Pria yang tak disebutkan namanya tersebut berniat membakar buku bekas miliknya yang sudah tidak terpakai. Namun, siapa sangka kegiatan sederhana yang dilakukannya justru memicu bencana kebakaran besar.

Sebagaimana diwartakan Fox News, Sabtu (25/3/2017), pria itu membakar buku bekas di halaman rumahnya yang kemudian membakar hutan dan bangunan di sekitarnya. Akibatnya, lahan hijau dengan luas sekira 283 hektar terlalap api. Kebakaran tersebut dilaporkan telah menghanguskan dua bangunan dan merusak enam rumah.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu, 22 Maret 2017 sekira pukul 02.00 dini hari waktu setempat tersebut juga memaksa 150 orang yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran mengungsi. Beruntung penyebaran api berhasil dicegah sebelum meluas.

"Cuaca hari ini benar-benar baik dan membantu petugas pemadam kebakaran mendapatkan kemajuan dalam upaya pemadaman sehingga api tidak menyebar," ujar Juru Bicara Layanan Kehutanan Annaleasa.

Sementara itu, pejabat berwenang menyatakan, pria yang diketahui tak memiliki izin untuk membakar buku tersebut akan dimintai pertanggungjawaban terkait insiden yang ditimbulkannya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini