Waduh! Perdagangkan 78 Imigran Bangladesh ke Malaysia, 3 WNI Ditangkap

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Minggu 26 Maret 2017 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 26 340 1651305 waduh-perdagangkan-78-imigran-bangladesh-ke-malaysia-3-wni-ditangkap-GV1hXve1Hm.jpg Ilustrasi

DUMAI – Sebanyak 78 imigran asal Bangladesh diamankan polisi di wilayah Kota Dumai, Propinsi Riau. Rencananya mereka akan dipekerjakan di Malaysia secara ilegal.

Terkait kasus ini, polisi mengamankan tiga warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah A (51) warga Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai; JM (41), warga Tangerang Selatan; dan S (52), warga Dumai Barat, Dumai.

Ke-78 imigran itu dibawa dari Jakarta menuju Riau melalui udara. Untuk pemberangkatannya, ketiganya yang mengurus.

Kapolres Dumai AKBP Donald Ginting menjelaskan, ketiga tersangka memiliki peran yang berbeda-beda. A berperan sebagai penjemput imigran untuk dibawa menuju pemondokan di Dumai. Selain itu, A mengurus keperluan sehari-hari para imigran.

"Untuk JM, perannya sebagai pengurus di Jakarta. Setelah di Jakarta JM menampung para imigran di rumahnya untuk kemudian dikirim ke Dumai dengan mengunakan angkutan bus," ucap Donald, Sabtu (25/3/2017).

Sementara tersangka S berperan sebagai pemodal yang menyuruh untuk menjemput para imigran dan mengatur keberangkatan imigran ke Malaysia.

Pengungkapan kasus ini setelah polisi pada 24 Maret 2017, polisi melakukan patroli di sekitar di Dumai Barat. Saat itu petugas menemukan sejumlah imigran. Setelah diinterogasi, mereka mengaku masih banyak teman mereka di rumah S. Polisi pun bergerak ke sana dan menemukan lagi sebanyak 74 imigran.

"Dari hasil pemeriksaan dokumen hanya ditemukan 31 paspor dan visa yang masa berlakunya sudah habis. Saat ini kita masih mencari satu tersangka lagi dalam kasus ini,"imbuhnya.

Terkait para imigran Bangladesh, polisi sudah menyerahkan kasusnya ke pihak imigrasi Kota Dumai.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini