Waduh! Rokok Kawasan Bebas Tetap Beredar di Tanjungpinang

Agregasi Antara, · Selasa 28 Maret 2017 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 28 340 1652724 waduh-rokok-kawasan-bebas-tetap-beredar-di-tanjungpinang-N3SLFFV3wX.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

TANJUNGPINANG - Penjualan rokok berlogo kawasan bebas di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau tidak dapat dihentikan, meski penetapan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (Free Trade Zone) di kota itu tidak menyeluruh.

Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang Ade Angga, Selasa (28/3/2017) mengatakan, penetapan kuota rokok juga seharusnya dilakukan setelah dikaji oleh pihak yang berwenang. "Pengawasan juga harus diperketat baik di kawasan bebas maupun tidak," ujarnya.

Deputi Bidang Pengawasan Badan Pengusahaan Tanjungpinang M Ichan Fansuri mengatakan kuota rokok yang diberikan tahun ini hanya berlaku selama enam bulan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2011, pemerintah pusat menetapkan kawasan bebas di Pulau Bintan, yang dianggap seolah-olah hanya ada Kabupaten Bintan. Padahal di Pulau Bintan terdapat Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Karena itu, dalam peraturan tersebut hanya menegaskan kawasan bebas Batam, Bintan dan Karimun. Padahal, empat kecamatan di Tanjungpinang ditetapkan sebagai kawasan bebas, namun sayangnya hanya Kecamatan Tanjungpinang Timur yang berlaku secara menyeluruh, sedangkan tiga kecamatan lainnya tidak dijelaskan batas-batas kawasan bebas.

"Ketentuan yang tidak tegas dan jelas itu menimbulkan permasalahan, tidak hanya permasalahan peredaran rokok kawasan bebas. Bahkan Badan Pengusahaan sulit berkembang akibat peraturan itu," katanya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini