nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sanksi bagi Pelanggar Catur Brata Nyepi di Bali

Nurul Hikmah, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 01:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 29 340 1653243 ini-sanksi-bagi-pelanggar-catur-brata-nyepi-di-bali-RyhaDsp6tj.jpg Ilustrasi

KUTA - Perayaan Nyepi di Kuta, Badung, kali ini terjadi tiga kasus yang melanggar catur brata penyepian. Dua orang asli Indonesia di mana hukumanya akan dijalani sendiri, sementara tamu asing yang melanggar akan diserahkan kepada pihak hotel.

"Tadi ada wisatawan yang melanggar. Jadi sanksinya akan kita serahkan kepada pihak hotel. Dimana hotelnya dikenakan sanksi jiwa dana dan arta dana," kata Jero Bendesa Adat Kuta, Wayan Suarsa di Kuta, Badung, Selasa (28/3/2017).

Dia menjelaskan, sanksinya ini mengacu pada tridana. "Kami di sini memiliki tiga sanksi adat. Orang yang keluyuran itu dia terkena sanksi artanadana denda membayar uang Rp100 ribu," paparnya.

Sementara itu, sangsi jiwa dana tersebut ada rasa malu untuk berbuat salah. "Mereka akan kami panggil ke Pura segara," ucapnya.

Dikabarkan sebelumnya, ada dua wisatawan dan dua orang yang hari ini mereka telah melannggar peraturan Nyepi. "Mereka semua sudah keluar dari pekarangan rumah," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini