Ledakan di Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Dipicu Ledakan Udara

Rus Akbar, Okezone · Kamis 30 Maret 2017 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 30 340 1654355 ledakan-di-lubang-tambang-batubara-sawahlunto-dipicu-ledakan-udara-G1AA05n5fQ.jpg Ilustrasi

PADANG - Ledakan terjadi di lubang tambang batubara milik PT CV Bara Mitra Kencana di Desa Batu Tanjuang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat kemarin. Ledakan ini mengakibatkan dua pekerja mengalami luka bakar parah.

Untuk mengungkap penyebab ledakan, manajemen perusahaan menerjunkan tim teknik tambang. Penyelidikan pun dilakukan bersama petugas kepolisian. Hasil sementara, ledakan dipicu terjadinya ledakan udara atau air blast.

“Penyelidikan sementara, ledakan terjadi akibar air blast atau ledakan udara yang menumpuk akibat benturan di dalam lubang kemudian membakar partikel debu barubara di dalam,” ujar Kepala Teknik Tambang CV. Bara Mitra Kencana Andi Musnandar, Kamis (29/3/2017).

Dia menerangkan, di kedalaman 100 meter lebih pada lubang, terdapat gas yang memicu terjadinya pembakaran. Salah satu bukti bahwa ledakan yang dipicu ledakan udara, yakni selang blower di dalam lubang tidak ada yang terbakar.

“Yang terbakar itu hanya udara,” ujarnya.

Dia menarangkan, saat ledakan terjadi ada 20 pekerja di dalam lubang tambang. Empat sempat terjebak reruntuhan namun berhasil dievakuasi. Dari empat orang itu, dua di antaranya mengalami luka bakar parah, sementara 18 lainnya luka ringan.

Dua pekerja yang terluka parah yakni Ridwan (38) dan Yusrizal (37), kini menjalani perawatan intensif di RSUP. M. Djamil Padang. Mereka mengalami luka bakar mencapai 84 persen di sekujur tubuh.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini