Image

Ini Daftar Kerjasama Indonesia dengan Prancis di Sektor Pertahanan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017 04:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 31 337 1655105 ini-daftar-kerjasama-indonesia-dengan-prancis-di-sektor-pertahanan-6gV2SFsaHg.jpg Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

JAKARTA - Presiden Prancis François Hollande telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu pekan ini. Terdapat beberapa kerjasama yang disepakati dalam kunjungan kali ini.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, pemerintah Indonesia juga menyepakati kerjasama pada sektor pertahanan. Salah satunya adalah pada sektor kemaritiman.

"Ya, industri pertahanan ada, teroris ada, masalah maritim ada. Itu garis besarnya. Untuk pelaksanaannya, kami bikin kelompok kerja dengan sana. Apa yang dirumuskan, nanti dibahas," ujarnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Kerjasama juga disepakati pada sektor alat utama sistem pertahanan (alutsista). Di antaranya adalah meriam, roket, helikopter serbu, helikopter euro.

Hanya saja, pembayaran terhadap pembelian alutsista ini nantinya tidak akan dibayar secara tunai oleh pemerintah. Pemerintah pun nantinya akan menerapkan sebagian pembayaran dengan cara barter.

"Kalau beli, kita harus transfer teknologi atau 35% dibayar pakai apa, pakai karet atau apalah," tuturnya.

Seperti diketahui, pertemuan dengan Presiden Prancis ini merupakan salah satu pertemuan bersejarah karena pertemuan terakhir dilakukan 31 tahun yang lalu.

Pada pertemuan di Istana Negara siang ini, terdapat 5 kerjasama yang disepakati. Kerjasama ini disepakati dan telah ditandatangi oleh sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

"Saya menyambut baik ditandatanganinya 5 MoU kerjasama yaitu di bidang pembangunan, urban berkelanjutan, di bidang pariwisata di bidang pertahanan dan di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian, serta pertukaran tenaga peneliti," tutur Jokowi beberapa waktu lalu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini