nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Diminta Ikut Berperan Majukan Kampus Swasta di Daerah

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017 11:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 31 65 1655378 pengusaha-diminta-ikut-berperan-majukan-kampus-swasta-di-daerah-ioXFcQLl25.jpg Foto: Shutterstock

PADANG - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, Prof Herri mengatakan masyarakat dapat ikut berperan dalam membangun dan memajukan kampus swasta di daerahnya.

"Peranan ini bisa diperlihatkan dengan adanya dukungan dan bantuan baik materi maupun tenaga untuk kemajuan kampus," katanya, di Padang, Jumat (31/3/2017).

Dia menyebutkan kampus swasta dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan tinggi untuk masyarakat di suatu daerah, untuk itu perlu didukung keberadaannya. Mulai dari dukungan penyediaan lahan untuk kampus hingga menjaga stabilitas kondisi kampus yang kondusif.

"Pengusaha atau kalangan masyarakat lain bisa peduli dengan memberikan bantuan untuk operasional atau membuka beasiswa untuk dosen dan mahasiswa," kata dia.

Hal ini ujar dia, bentuk dari dukungan dalam membangun sumber daya di kampus.

Selain itu masyarakat bisa memberikan sumbangan pemikiran untuk berlangsungnya kegiatan kampus maupun keadaan lingkungan "Sebagai contoh di Bangkinang Riau yang baru membuat Universitas Tuanku Tambusai yang berasal dari pemikiran tokoh masyarakat dan yayasannya," ujar dia.

Begitupun di Universitas Baiturrahmah, Universitas Eka Sakti Padang, dan lain sebagainya, masyarakat bisa lebih terlibat dalam kemajuannya.

Sementara itu salah satu dosen di kampus swasta Riau Ridho mengatakan dukungan masyarakat memajukan kampus cukup banyak.

Mulai dari penyediaan mahasiswa, bantuan operasional hingga ikut menjaga stabilitas keamanan kampus. Sebab kata dia, masyarakat bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi jadi perlu ada keterlibatan lebih.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini