nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Katup Pengaman Tidak Berfungsi Jadi Penyebab Bocornya Bahan Bakar Lion Air

Mufrod, Jurnalis · Minggu 02 April 2017 13:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 02 337 1656853 katup-pengaman-tidak-berfungsi-jadi-penyebab-bocornya-bahan-bakar-lion-air-QaaYdx305R.jpg Bahan bakar luber dari sayap pesawat Lion Air (foto: akun twitter@Muhsin_Budiono)

JAKARTA - Melubernya bahan bakar dari sayap pesawat Lion Air di Bandara Juanda, Surabaya tersebut menurut Alvin Lie selaku pengamat penerbangan Indonesia, diakibatkan adanya katup pengaman yang tidak berfungsi.

"Jadi itu bukan kebocoran, tapi bahan bakar luber karena katup pengaman bahan bakar di sayap pesawat tidak berfungsi dengan baik," ungkap Alvin Lie, kepada Okezone, Minggu (2/4/2017).

Ia menambahkan, dari faktor keselamatan, dinilai sangat berbahaya mengingat saat kejadian (lubernya avtur dari sayap pesawat Lion Air) penumpang sudah berada di dalam pesawat.

Kondisi tersebut sangat membahayakan mengingat sedikit saja percikan api ataupun kondisi apron panas bisa mengakibatkan kebakaran dan ledakan.

Ditempat berbeda, Presdir Lion Air Grup Edward Sirait mengakui insiden tersebut. "Ia, kejadian itu memang benar adanya," ujarnya.

Edward melanjutkan, bahan bakar luber saat pesawat Lion Air sedang mengisi avtur. "Yang tumpah cuma beberapa liter kok," ucapnya.

Sebagai informasi, Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT178 rute Surabaya-Lombok mengalami bahan bakar luber pada pukul 05.04 WIB. Kejadian ini diketahui melalui cuitan twitter pemilik akun @Muhsin_Budiono yang menjadi salah satu penumpang Lion Air

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini