nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina: Avtur yang Luber dari Sayap Pesawat Lion Air di Bandara Juanda Capai 300 Liter

Umi Shella Emawaty, Jurnalis · Minggu 02 April 2017 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 02 337 1656895 pertamina-avtur-yang-luber-dari-sayap-pesawat-lion-air-di-bandara-juanda-capai-300-liter-FdYMQRh0LD.jpg Bahan bakar luber dari sayap pesawat Lion Air (foto: akun twitter@Muhsin_Budiono)

JAKARTA - Pertamina, melalui Communication and Relation area Manager Jawa Timur dan Balinus, Heppy Wulansari merilis jumlah bahan bakar jenis avtur yang tumpah ke area apron Bandara Juanda, Surabaya diperkirakan mencapai 200-300 liter.

Dirinya menambahkan tumpahnya bahan bakar dari sayap pesawat merupakan kesalahan dari pihak maskapai Lion Air. Mengingat pengisian bahan bakar baru bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak maskapai dalam hal ini Lion Air.

"Kami sudah melakukan prosedur sesuai standar yang berlaku, kami baru berani mengisi bahan bakar setelah pihak lion air menginfokan kalo semua sudah siap jadi kejadian ini murni kesalahan dari pihak Lion Air" ujarnya saat dihubungi Okezone Minggu (2/4/2017) pukul 14.30 WIB.

Seperti ditambahkannya, saat pengisian salah satu perangkat yang disebut dengan valve wing tidak berfungsi dengan benar sehingga menyebabkan kebocoran.

"Saat proses pengisian berlangsung tiba-tiba terjadi luberan avtur dari valve panel wing pesawat. Pertamina langsung menghentikan pengisian dan melakukan pembersihan tumpahan minyak." pungkasnya.

Sebagai informasi, Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT178 rute Surabaya-Lombok mengalami bahan bakar luber pada pukul 05.04 WIB. Kejadian ini diketahui melalui cuitan twitter pemilik akun @Muhsin_Budiono yang menjadi salah satu penumpang Lion Air

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini