Tewasnya Tokoh Intelektual Amungme di Timika Picu Kamarahan Warga

Saldi Hermanto, Okezone · Senin 03 April 2017 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 340 1657769 tewasnya-tokoh-intelektual-amungme-di-timika-picu-kamarahan-warga-DJUuvMn7I6.jpg Situasi di Timika (Foto: Saldi Hermanto)

TIMIKA - Pasca-penganiayaan hingga tewas salah satu tokoh intelektual dari masyarakat Amungme di Timika, Kabupaten Mimika, Papua mengakibatkan situasi di Timika mencekam. Sekelompok warga yang merupakan masyarakat dari korban melakukan aksi brutal di area Irigasi, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Senin (3/4/2017).

Penyerangan oleh warga korban yang dilakukan secara brutal ini mengakibatkan dua orang luka-luka, serta merusak kendaraan dan warung milik warga yang berada di sekitar area irigasi.

Petugas kepolisian yang mendapatkan informasi adanya penyerangan langsung mendatangi lokasi kejadian dan menghalau massa yang jumlahnya puluhan dengan membawa alat maupun senjata tajam tradisional.

Penyerangan tersebut juga membuat warga berhamburan keluar rumah guna menyelamatkan diri ke lokasi yang aman, karena massa yang melakukan penyerangan tidak diketahui hendak menyerang pihak mana.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Saat ini, puluhan personel kepolisian masih di siagakan di lokasi penyerangan guna mengantisipasi aksi susulan yang dapat memicu terjadinya bentrok antar warga.

Diketahui, sebelumnya salah satu tokoh intelektual masyarakat Amungme bernama Luther Magal tewas setelah dianiaya empat orang warga di salah satu rumah kontrakan di samping rumahnya, belakang lapangan Jayanti Timika, Sabtu 1 April 2017. Kasus inilah yang memancing masyarakat korban untuk melakukan aksi balas dendam.

Sementara itu, empat orang telah diamankan polisi karena diduga kuat terlibat dalam aksi penganiayaan terhadap tokoh intelektual tersebut yang juga mantan karyawan pada Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa).

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini