Image

100 Hari Trump: Presiden AS Donald Trump Donasikan Gaji ke Taman Nasional

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa, 4 April 2017 - 16:28 WIB
Mendagri AS Ryan Zinke dan pengeloa Harpers Ferry National Historical Park di West Virginia, Tyrone Brandyburg, memegang cek dari Donald Trump. (Foto: Stephen Crowley/New York Times) Mendagri AS Ryan Zinke dan pengeloa Harpers Ferry National Historical Park di West Virginia, Tyrone Brandyburg, memegang cek dari Donald Trump. (Foto: Stephen Crowley/New York Times)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendonasikan gaji tiga bulan pertamanya ke Taman Nasional AS. Seperti badan pemerintahan lainnya, Lembaga Taman Nasional menghadapi pemotongan anggaran tahun ini.

Dalam briefing harian Gedung Putih, Sekretaris Pers Sean Spicer memberikan cek senilai USD78.333,32 atau sekira Rp1,04 miliar yang ditandatangani Presiden Trump kepada Menteri Dalam Negeri Ryan Zinke yang turut bertanggung jawab atas pengelolaan Taman Nasional.

"Saya amat bersemangat," ujar Zinke, seperti dilansir New York Times, Selasa (4/4/2017).

Presiden AS mendapat gaji USD400 ribu per tahun (Rp5,33 miliar), belum termasuk berbagai tunjangan. Tetapi, sejak awal Trump berjanji tidak akan mengambil sepeser pun gajinya selama memimpin AS. Langkah ini diikuti oleh anaknya, Ivanka, dan sang menantu, Jared Kushner, yang bekerja sebagai staf Gedung Putih. Kekayaan pribadi suami-istri tersebut ditaksir mencapai USD740 juta.

Pejabat Gedung Putih sebelumnya juga menyatakan bahwa Presiden Trump akan mendonasikan gajinya ke lembaga amal. Bahkan, ia mempersilakan para wartawan untuk memilihkan lembaga tujuan yang akan menerima sumbangan tersebut.

Spicer sendiri tidak menjelaskan mengapa rencana tersebut berubah. Namun ia menerangkan, Kantor Konsuler Gedung Putih menyampaikan beberapa alternatif kepada Trump, dan ia memilih Lembaga Taman Nasional.

"Lembaga ini telah merawat taman-taman kita sejak 1916, dan presiden amat bangga mendonasikan gaji empat bulan pertamanya untuk menyokong misi penting Lembaga Taman Nasional, yaitu melestarikan keamanan nasional kia," papar Spicer.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming