nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sengketa Pilkada, Kapolda Sultra Imbau Warga Hormati Putusan MK

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 08:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 05 340 1659166 sengketa-pilkada-kapolda-sultra-imbau-warga-hormati-putusan-mk-Kp7fIY6CzE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

KENDARI - Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengimbau warga Sultra untuk menghormati dan menghargai putusan Mahkamah Konstitusi terkait dengan pilkada setempat.

"Saya berharap dan sekaligus menghimbau serta mengajak seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Tenggara menghormati dan menghargai keputusan dari Mahkamah Konstitusi," ujarnya melalui Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto di Kendari, Rabu (5/4/2017).

Ia mengakui situasi kondusif penyelenggaraan pilkada di Sultra berkat dukungan dan atensi semua pihak, tidak terkecuali peran media dalam mengemas dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. "Selaku Kapolda Sultra, saya mengapresiasi atas kerja sama dari semua pihak atas terlaksananya pilkada yang aman dan kondusif," ujarnya.

Dia mengapreseasi penyelesaian perselisihan pilkada di wilayah Sultra ditempuh melalui jalur hukum, sesuai konstitusi. Ia berharap kepada pihak yang menang agar mewujudkan rasa syukur tidak dengan euforia, namun dengan kegiatan tasyakuran melalui kegiatan doa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sementara pihak yang kalah, hendaknya dapat menerima dengan hati yang ikhlas dan lapang dada," katanya.

Ia juga mengajak segenap warga Sultra untuk merajut dan menyatukan kembali persatuan dan kesatuan serta persaudaraan demi keberlangsungan dan terwujudnya pembangunan nasional. "Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah kita sehingga tercapai Sulawesi Tenggara yang aman dan damai," ucapnya.

Sebanyak empat dari tujuh kabupaten/kota di Sultra mengajukan gugutan di MK terkait dengan pilkada, yakni Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, dan Kota Kendari. Sebanyak tiga kabupaten yang tidak mengajukan gugatan sengketa pilkada di MK, adalah Muna Barat, Buton, dan Kolaka Utara.

Hingga Selasa 4 April, MK telah menolak gugatan pasangan calon kepala daerah di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Buton Selagan, Buton Tengah, dan Kota Kendari. Satu daerah lainnya, yakni Kabupaten Bombana masih dalam proses persidangan di MK.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini