nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Banten Tetapkan WH-Andika Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

Hambali, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 05 340 1659748 kpu-banten-tetapkan-wh-andika-sebagai-gubernur-dan-wakil-gubernur-terpilih-r5R722m2Rf.jpg

SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menggelar rapat pleno penetapan pasangan Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih periode 2017-2022, di Aula KPUD, Cipocok, Kota Serang, Rabu (5/4/2017).

Surat keputusan bernomor 011/KPTS/KPU-Prov.015/Tahun 2017, tentang Penetapan Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih itu dibacakan langsung oleh Septo Kalnadi, yang merupakan Sekretaris KPU Provinsi Banten.

"Dengan ini menetapkan pasangan calon gubernur terpilih nomor urut satu, saudara Wahidin Halim dan Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih," kata Septo dalam pembacaan surat keputusan itu.

Ketua KPUD Provinsi Banten, Agus Supriyatna menuturkan, berdasarkan ketentuan Pasal 52 PKPU Nomor 11 Tahun 2015, maka usai Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan putusan terkait penolakan gugatan Pilkada yang diajukan oleh pasangan Rano Karno-Embay kemarin, secara otomatis KPU harus segera menetapkan pasangan terpilih.

"Pleno ini berdasarkan putusan MK kemarin, KPU akan menyerahkan kepada DPRD Banten untuk melakukan Paripurna Istimewa penyampaian hasil Pilkada Banten 2017," terang Agus.

Dasar pelantikan pasangan WH-Andika merujuk pada surat keputusan KPU tentang penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri agar dibuat pengangkatan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Setelah pembacaan penetapan itu, KPU Banten menyerahkan berita acara rapat Pleno tersebut kepada pasangan WH-Andika, serta Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini