Dapat Penghargaan dari Rusia, Kapolri Tito: "Ini Medali Pertama dari Negara Asing"

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 06 April 2017 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 06 18 1660341 dapat-penghargaan-dari-rusia-kapolri-tito-ini-medali-pertama-dari-negara-asing-Vo45dE0YgQ.jpg Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin berbincang bersama Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian. (Foto: Wikanto A/Okezone)

JAKARTA - Bibir Kapolri Jenderal (Pol.) Tito Karnavian tak henti-hentinya menyunggingkan senyum. Hal yang wajar, sebab pria asal Palembang itu baru saja dianugerahi medali oleh Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Dalam pidatonya, Tito mengaku penghargaan tersebut adalah medali pertama dari pihak asing yang diterimanya. Ia pun bangga atas pencapaian tersebut.

"Ini adalah medali pertama dari luar negeri yang saya dapat," ujar Tito dengan riang di Wisma Duta Besar Rusia, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2017).

Medali bertajuk "100 Years of International Police Cooperation" itu diberikan salah satunya atas keberhasilan Kapolri Tito dalam menyelenggarakan Sidang Umum Interpol di Bali pada pertengahan 2016.

Medali tersebut diberikan Rusia dalam rangka peringatan menyambut 100 tahun Konferensi Internasional Kepolisian di Monako yang berlangsung 1914.

"Medali tersebut diberikan oleh Pemerintah Rusia lebih khusus dari Kementerian Dalam Negeri-nya karena Kepolisian di sana berada di bawah Kementerian Dalam Negeri," tukas Tito kepada awak media.

Ia menambahkan, ada dua hal yang menjadi penyebab diberikannya medali. Pertama, selain pemecahan rekor Sidang Interpol, terpilihnya perwakilan Rusia sebagai Deputi untuk wilayah Eropa dinilai tidak lepas dari dukungan Indonesia.

"Kedua, Indonesia memiliki kerjasama yang sangat aktif dengan Rusia khususnya dalam bidang keamanan," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini