nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jet Tempur China Mendarat di Wilayah Sengketa LCS

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 07 April 2017 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 07 18 1661673 jet-tempur-china-mendarat-di-wilayah-sengketa-lcs-26YMMh9tmg.jpg Citra satelit menunjukkan jet tempur China mendarat di LCS (Foto: AMTI/Reuters)

WASHINGTON – Satu unit pesawat tempur milik China tertangkap oleh citra satelit mendarat di Pulau Woody di wilayah sengketa Laut China Selatan (LCS). Lembaga Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) mengatakan, jet tempur J-11 itu mendarat pada 29 Maret 2017.

“Itu bukan yang pertama kali sepanjang sejarah, tetapi pertama kali terjadi pada tahun ini. Tampaknya masih ada beberapa pesawat lagi di hangar terdekat,” ujar Direktur AMTI Greg Poling, seperti dimuat Reuters, Jumat (7/4/2017).

Citra satelit tersebut menguatkan fakta bahwa China sedang membangun kekuatan militer di wilayah sengketa Laut China Selatan. AMTI beberapa waktu lalu mengklaim Negeri Tirai Bambu berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur militer berskala besar di atas pulau-pulau artifisial.

Penyelesaian tersebut memungkinkan Beijing untuk mengirim pesawat-pesawat tempur dan peralatan sistem utama pertahanan (alutsista) lainnya. “Jadi, bersiaplah untuk pengerahan (kekuatan militer) di masa depan,” ujar Greg Poling.

AMTI menyatakan tiga pangkalan udara China di Kepulauan Spratly dan di Pulau Woody, Kepulauan Paracel, membuat militer Negeri Panda mampu beroperasi di seluruh wilayah LCS. China juga memasang fasilitas radar pengintai dan peringatan dini di Fiery Cross, Gugus Karang Subi, dan Cuarteron untuk meningkatkan kemampuan pelacakan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini